Juriah Sumringah Rumahnya Dibangun TNI

Laporan: Heri Purwanto author photo

 


Acehpress - Abdya | Senyum sumringah mulai nampak terpancar di wajah Juriah (janda/80) warga Desa Ujung Tanoh Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya. Pasalnya, rumah miliknya yang semula berdindingkan kayu papan dan keropos, tidak lama lagi akan berganti dengan beton.

Juriah yang sehari-hari hidup sendiri kini mulai kembali merasakan kehangatan arti sebuah keluarga. Dari pagi sampe petang Juriah ditemani canda tawa dan riuh suara alat bangunan dari sejumlah anak angkatnya.

"Mereka bukan siapa-siapa saya. Tapi alhamdulillah mereka begitu tulus dan perhatian sama saya," ujar Juriah sambil memegang topi rimba bertuliskan bordir Kodim 0110/Abdya, Kamis (17/9/2020).

Perempuan yang pernah merasakan hidup di jaman pra kemerdekaan (1940) silam ini mengungkapkan, pada Minggu (13/9) kemarin rumah miliknya dibongkar oleh sejumlah tentara dari Kodim 0110/Abdya dan kini mereka diklaim sebagai anak angkatnya. 

Rumah Juriah dibongkar karena masuk dalam kategori Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Program pembangunan dan perehaban RTLH ini dilaksanakan oleh Kodim 0110/Abdya dalam rangka menyambut peringatan HUT ke-75 TNI, yang jatuh pada Senin (5/10) mendatang.

Pengerjaan rehab RTLH milik Juriah ditargetkan rampung selama 2 minggu, dikerjakan langsung oleh para prajurit Kodim 0110/Abdya dan dibantu komponen masyarakat. 

Pantauan di lokasi, dengan suasana santai dan kekeluargaan Prajurit Kodim 0110/Abdya dan warga setempat gotong royong bahu membahu memasang dinding batako. Sesekali Juriah duduk bercengkrama menemani para prajurit bekerja.

 "Kami sudah anggap Juriah ini seperti nenek kami sendiri. Maka dari itu pengerjaan rumah ini pun kami lakukan dengan tulus," ujar salah satu prajurit yang belakangan diketahui sebagai Babinsa setempat, Serda Zulvikar Dhendi.

Serda Zulvikar menyebutkan, rumah Juriah dibangun dengan luas 5meter kali 7,5 meter. Di dalamnya dibangun 2 ruang kamar, 1 ruang dapur, dan 1 kamar mandi lengkap dengan bak mandi dan kloset. Pengerjaan rehab RTLH sudah jalan 5 hari dan telah mencapai persentase 50 persen.

"Hari ini kami masih melakukan pemasangan bata. Insyaallah sore ini kalau tidak ada hujan, untuk pemasangan bata selesai sampai atas," ujarnya.

Sementara itu terpisah Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo melalui Danramil 06/Manggeng Kapten Inf M Latif mengungkapkan, pembangunan RTLH ini dilakukan sebagai wujud kepedulian Kodim 0110/Abdya terhadap masyarakat khususnya bagi warga yang tidak mampu memiliki rumah layak huni. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mewujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

"Muaranya tetap pada satu tujuan yaitu membangun Kemanunggalan TNI dengan Rakyat," singkatnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini