Peringatan Ke 16 Tahun Mou Helsinski, TNI-Polri Sinergi Melaksanakan Patroli Gabungan Di Wilayah

Laporan: Admin author photo
Peringatan Ke 16 Tahun Mou Helsinski, TNI-Polri Sinergi Melaksanakan Patroli Gabungan Di Wilayah

Acehpress.com,  ACEH BARAT | Dalam rangka peringatan MoU Helsinski di Aceh, personel gabungan TNI/Polri bersinergi menggelar patroli gabungan guna menjaga kondusivitas jelang perjanjian damai yang ditandatangi di Helsinki, Finlandia, 15 Agustus 2005 silam. Patroli gabungan ini melibatkan personel jajaran Koramil 01/Sungai Mas dan Anggota  Polsek Sungai Mas, Minggu (15/08/2021).

Patroli ini dilaksanakan di waktu pagi, siang, sore dan malam hari, untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif khususnya di wilayah Kecamatan Sungai Mas. Kapolsek Sungai Mas Ipda Firdaus dikonfirmasi dari tempat terpisah menjelaskan pihaknya TNI-Polri terus memonitor situasi dan kondisi di wilayah.

Ia menambahkan 16 tahun silam, peristiwa bersejarah tercipta untuk tanah Aceh. Pemerintah Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) sepakat untuk berdamai setelah terlibat konflik 29 tahun yang telah banyak merenggut korban jiwa.

Perjanjian damai akhirnya dilaksanakan dan ditandatangani di Helsinki, Finlandia, 15 Agustus 2005. Indonesia diwakili Menteri Hukum dan HAM Hamid Awaludin, sedangkan GAM mengutus Malik Mahmud Al Haytar untuk menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tersebut. Pungkasnya

Sementara Bati Tuud Koramil 01/SM Serma Eko Raharjo mengatakan Konflik di Aceh sudah lama berakhir dan kini menjadi damai, Aceh sudah damai dan damai itu perlu dijaga betul. Maka saya harapkan mari bersama-sama menjaga kedamaian dan jangan membuat situasi yang sudah nyaman seperti ini ujarnya. (*)

Share:
Komentar

Berita Terkini