KETUA PT BANDA ACEH MELANTIKPANITERA PENGADILAN TINGGI BANDA ACEH

Laporan: AYU RAHAYU author photo






 Banda Aceh -  Ketua Pengadilan Tinggi Banda Aceh, Dr. H. Gusrizal, SH, M.Hum melantik dan mengambil sumpah Panitera Pengadilan Tinggi Banda Aceh,28 Juni 2022 bertempat di Ruang Sidang Utama, Muhyiar, SH, MH meggantikan Panitera yang sebelumnya Reflizailius, SH, MH yang telah memasuki masa pensiun. 

Muhyiar sebelumnya menjabat sebagai Panitera pada Pengadilan Negeri Tanjung Pinang Klas IA, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Muhyiar dipromosi sebagai Panitera Tingkat Banding pada Pengadilan Tinggi Banda Aceh sesuai dengan Mutasi dan Promosi dari Dirjen Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI.

Panitera adalah Pejabat Pengadilan yang dalam struktural membantu Pimpinan yaitu Ketua Pengadilan dan memimpin di bidang Kepaniteraan. 

Fungsi panitera adalah menyelenggarakan administrasi persidangan dan membantu hakim sidang untuk membuat berita acara pemeriksaan sidang. 

Panitera Pengadilan Tinggi mempunyai tanggung jawab dan kewenangan dalam hal mengawasi dan melaksanakan pembinaan kepada seluruh Panitera Pengadilan Negeri se wilayah hukum Provinsi Aceh. Demikian pernyataan Ketua Pengadilan Tinggi (KPT) Banda  Aceh dalam kata sambutannya seusai mengambil sumpah dan melantik Muhyiar.

 “Tugas jabatan Panitera Pengadilan Tinggi disamping memimpin di kepaniteraan serta persidangan, juga melakukan pembinaan dan pengawasan kepada seluruh Panitera dan Administrasi teknis kepaniteraan seluruh Pengadilan Negeri di Provinsi Aceh”

“Di era penerapan teknologi informasi pada seluruh jajaran Pengadilan, peran Panitera haruslah kuat dan tertib terkait disiplin dan kinerja terhadap beberapa Aplikasi yang mendukung kinerja performance Pengadilan, seperti aplikasi SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara), Komdanas” lanjut Dr Gusrizal, KPT Banda Aceh dalam sambutannya.

Acara pelantikan ini turut dihadiri oleh Wakil Ketua PT, Sekretaris, para Hakim Tinggi, para Panitera Muda, Panitera Pengganti, seluruh pejabat struktural dan fungsional, serta Ibu-ibu Dharmayukti Karini (DyK).

Muhyiar yang dikenal dengan panggilan Babe didampingi istri menyampaikan terima kasih dan rasa hormat serta mohon bimbingan dari Yang Mulia Ketua, Wakil Ketua dan semua Hakim Tinggi. Semoga hadirnya saya disini, pelayanan peradilan akan semakin baik, cepat dan tepat sehingga memberikan kepuasan kepada warga masyarakat pencari keadilan. Ungkap Panitera PT Banda Aceh yang baru dilantik
Share:
Komentar

Berita Terkini