Cegah PMK Babinsa Sakti Dampingi Vaksinasi Sapi Warga Binaanya

Laporan: Admin author photo

PIDIE | Guna menekan penyebaran PMK Babinsa Koramil 12/Sakti Kodim 0102/Pidie Serda Fiktor G. W melaksankan pendampingan Vaksinasi Penyakit  Mulut Dan Kuku ( PMK ) pada binatang ternak milik masyarakat  bertempat di desa Balue Kulu,Desa Lhok Empeh dan Desa Mali Lamkuta kecamatan Sakti kabupaten Pidie.Sabtu , (17/09/2022). 

Diketahui  PMK saat ini telah menjadi momok dan membuat keresahan warga di sebabkan banyak binatang ternak di sejumlah Provinsi di tanah air termasuk Provinsi Aceh khususnya di Pidie yang mendadak sakit bahkan mati karena terdampak virus Penyakit Mulut dan Kuku. 

Dalam hal ini pemerintah melalui dinas Pertanian dan Pangan telah berupaya dan menanggapi dengan serius untuk menekan menyebaran PMK di suruh tanah air melalui Vaksinasi binatang ternak di seluruh Indonesia, guna memutus mata rantai dan pencegahan dini penyakit PMK tersebut.

Ketua tim Vaksinator drh. Cut Puspa Murni dari dinas Pertanian dan Pangan kabupaten Pidie mengatakan" hari ini dirinya bersama timnya di bantu oleh Babinsa telah berhasil memvasin Sapi milik masyarakat sebanyak 77 ekor di empat desa di wilayah kecamatan Sakti. 

Lebih lanjut, ke empat desa tersebut diantaranya Desa Balue Kulu 10 ekor, desa Lhok Empeh 52 ekor dan desa Mali Lamkuta 15 ekor" Terangnya

Sementara Serda Fiktor G.W  sebagai Babinsa setempat menghimbau kepada warga apabila ada binatang ternak yang belum di Vaksin segera di laporkan kepada Babinsa atau langsung kepada Dinas terkait supaya akan di jadwalkan vaksinasi agar binatang ternak tercegah dari PMK . 

Dan ia mengharapkan kepada warga yang mempunyai ternak supaya jangan di lepas juga yang lebih penting menjaga kebersihan kandangnya karena hal tersebut sebagai langkah pertama untuk menghindari PMK" Ujar Babinsa. (*)

Share:
Komentar

Berita Terkini