Babinsa Peukan Baro Beri Materi Wasbang Kepada Siswa Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme

Laporan: Admin author photo

PIDIE | Dalam rangka membentuk karakter pelajar yang disiplin dan tumbuhkan jiwa Nasionalisme serta  Cinta tanah air, Bati Tuud bersama Babinsa Koramil 06/Peukan Baro Kodim 0102/Pidie Berikan materi Wawasan Kebangsaan kepada Siswa /siswi Dayah Al-Furqan bertempat di komplek Dayah Al-Furnqan desa Teungoh Baroh Bambi kecamatan Peukan Baro kabupaten Pidie. Rabu (23/11/2022). 

Konsep wawasan kebangsaan adalah komponen sangat mendasar bagi warga negara dan generasi bangsa Indonesia. Wawasan kebangsaan adalah konsep yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lain di dunia ini. Tujuan utama wawasan kebangsaan adalah membangun rasa cinta terhadap tanah air dan mengembangkan persatuan dan kesatuan bagi seluruh warga negara Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Serka Febri Yuska Anggota Koramil 06/Peukan Baro menjelaskan bahwa, pemberian materi Wasbang tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan para pelajar ke tanah air, menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan kerelaan berkorban bagi negara.

“Empat Pilar Kebangsaan Negara Republik Indonesia merupakan hal mutlak yang harus diketahui dan dipahami oleh para siswa, dalam hal ini Empat Pilar Negara kita terdiri dari Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Pancasila sebagai Dasar Negara, Pancasila sebagai Jiwa dan Kepegawaian Negara, Pancasila sebagai Ideologi Negara serta Pancasila sebagai Tujuan Hidup Kita" Jelas Serka Febri 

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan UUD 1945 merupakan Dasar Pedoman Negara untuk Meraih Kemerdekaan, sementara Bhinneka Tunggal Ika merupakan Semboyan Negara untuk mempersatukan seluruh wilayah, suku, budaya, bahasa dan agama di seluruh wilayah Negara Indonesia. 

Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter pelajar yang disiplin, setia, berbakti, saling menghargai sesama serta sebagai upaya cegah dini agar Siswa/siswi jangan terpengaruh dengan hal yang negatif di lingkungannya. 

Sementara Guru pendamping Dayah Al-Furqan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Babinsa Koramil 06/Peukan yang telah memberikan Wasbang kepada para Siswa/iswinya 

“Terima kasih kepada bapak-bapak TNI yang telah memberikan materi wawasan kebangsaan di tempat kami, karena dengan kehadiran TNI di sini membuat kami lebih dekat terutama anak didik kami. Mereka sangat senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini" Ujarnya. (*)

Share:
Komentar

Berita Terkini