Bantu Kuatkan Ekonomi Daerah, TNI di Abdya Fokus Kawal Pertanian

Laporan: Heri author photo

Terstruktur dan masif, Babinsa di Abdya intens dampingi pertanian


ACEHPRESS, Abdya- Sejumlah lahan sawah di wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) di antaranya di Kecamatan Babahrot dalam waktu dekat bakal menghadapi kegiatan panen padi.


Salah satu petani, Ridwan (53) asal Desa Blang Raja mengungkapkan, perkiraan hasil panen padi kali ini bakal kembali melimpah. Perkiraannya tersebut berdasar karena perkembangan padi miliknya yang kini tengah fase berbuah tumbuh dengan subur, tidak terganggu serangga hama. 


"Insya Allah hasil panen kali ini kembali meningkat. Otomatis ini menambah angka surflus pangan di Abdya," ungkap Abu Bakar kepada media ini di lokasi, Rabu (30/11/2022).


Ia mengimbuhkan, keberhasilannya itu tidak terlepas dari peran serta Babinsa. Secara intens TNI dari jajaran Kodim 0110/Abdya mendampingi petani mulai dari pengolahan lahan, penyiapan bibit, penanaman, bahkan sama-sama turun ke sawah bantu petani penyemprotan padi.


Menanggapi hal itu, terpisah Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi melalui Pelaksana harian (Plh). Danramil 07/Babahrot Kapten Edi Mailiswar mengatakan, pendampingan pertanian yang dilakukan oleh pihaknya merupakan bentuk upaya dalam mendukung program pemerintah swasembada pangan. Output dari pendampingannya itu adalah semata untuk membantu meningkatkan taraf ekonomi petani.


Danramil berujar, bagi Abdya sektor pertanian adalah lini ekonomi utama. Potensi ini menjadi prioritas dan terus dikembangkan kekuatannya dengan menggandeng peran serta Babinsa sebagai pendamping. 


"Belajar dari pengalaman pandemi covid-19 tahun lalu, kita Abdya termasuk salah satu daerah yang stabil. Ini tercipta karena pondasi ekonomi kita yang bersumber dari pertanian sangat kuat. Jadi program ketahanan pangan ini prioritas untuk kita dukung bersama," singkatnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini