Dewan Ketahanan Pangan di Abdya Kembali Minta TNI Kuatkan Pangan dan Bantu Cegah Inflasi Daerah

Laporan: Heri Purwanto author photo


ACEHPRESS, Abdya- Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), di aula Dinstanpan setempat, Desa Padang Meurante Kecamatan Susoh, Selasa (13/12/2022). 


Rakor dibuka langsung Pj. Bupati Abdya Darmansah, S.Pd., M.M. dihadiri Kapolres Abdya AKBP Dhani Citra Nugraha, Jajaran Kepala SKPK, para Muspika dan para Penyuluh pertanian dalam wilayah Abdya. 


Dalam sambutannya Pj. Bupati Abdya mengatakan Rakor kali ini mengusung tema Pengaturan Distribusi Produksi Pangan Dalam Rangka Pengendalian Inflasi Daerah. Implisit dari tema itu ia berharap dukungan dari semua pihak untuk sama-sama berupaya meningkatkan produksi pangan agar lebih kuat serta menjaganya dari resiko inflasi. 


Pj. Bupati mengungkap apresiasinya terhadap TNI Polri dan sinergi lainnya karena telah berperan aktif membantu Pemerintah Daerah dalam penguatan pangan dan sama-sama berupaya mengendalikan inflasi daerah. 


"Dalam hal pertanian atau ketahanan pangan, kita patut mencotoh anggota Kodim maupun Polres. Mereka telah duluan mengeksploire berbagai tanaman. Yang belum ada di Abdya ini mungkin tinggal bawang merah," papar Pj. Bupati. 


Sebagai informasi, Abdya merupakan salah satu daerah lumbung pangan di Aceh yang selalu berkomitmen untuk menjalankan program ketahanan pangan. Sementara Aceh itu sendiri juga tercatat sebagai salah satu jantungnya pangan nasional. Dalam setiap tahun produksi gabah dalam wilayahnya, terutama Abdya selalu mengalami surplus. 


Keberhasilan Abdya dalam penguatan pangan dan pengendalian inflasi ini diakui pemerintah setempat tidak terlepas dari peran serta Kodim 0110/Abdya yang berperan sebagai motor penggerak bagi para petani.

Share:
Komentar

Berita Terkini