Intensitas Hujan Tinggi, Bhabinkamtibmas Pilot Project Monitoring Daerah Aliran Sungai

Laporan: AYU RAHAYU author photo


Aceh Tamiang -- Intensitas curah hujan yang tinggi, mengakibatkan meluapnya air sungai ke perumahan warga disepanjang bantaran sungai Kabupaten Aceh Tamiang.

Bhabinkamtibmas Pilot Project Kampung Kota Kualasimpang, Briptu S. Tandra Syahputa terus melakukan monitoring perkembangan debit air Daerah Aliran Sungai (DAS) di desa binaannya, di Dusun Pahlawan, Kampung Kota Kualasimpang, Aceh Tamiang. Sabtu, (21/01/2023).

"Debit Air Sungai dari luapan banjir yang diperkiraan setinggi mencapai ± 20 sampai 50 cm dari permukaan rumah warga, sehingga sebanyak 49 rumah warga terendam banjir dan ada 54 jumlah KK terdampak banjir", kata Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Muhammad Yanis, SIK, MH, melalui AKP Justin Tarigan,SH.

Menurutnya, air kiriman dari pucuk hulu sungai Tamiang dengan ditambah kondisi cuaca hujan sehari semalam menjadikan debit air sungai terus bertambah, selain merendam rumah warga sehingga menjadikan akses jalan ke Pelabuhan di dusun pelabuhan tersebut tidak bisa dilalui.

"Bhabinkamtibmas yang bertugas di desa binaannya itu terus mengkontrol perkembangan situasi akhir daerah aliran sungai dan memberikan himbauan kepada warga agar tetap menjaga keselamatan, serta tetap waspada bila mana debit air akan naik secara tiba - tiba", tandas AKP Justin Tarigan
Share:
Komentar

Berita Terkini