Lagi, Warga dan Babinsa di Abdya Amankan Imigran Gelap Etnis Rohingya

Laporan: Heri author photo


ACEHPRESS, Abdya- Babinsa Koramil 05/Tangan-tangan Kodim 0110/Abdya bersama gabungan Kepolisian, Tagana, Dinas Sosial dan masyarakat mengamankan satu orang warga etnis Rohingya yang tersasar di Drien Kipah Kecamatan Tangan-tangan, Selasa (14/3/2023). 

Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi melalui Perwira Seksi Intelijen menyebutkan satu orang Rohingya ini ditemukan warga tengah tertidur pulas di mesjid Drien Kipah sebelum waktu shalat subuh. 

Satu imigran gelap ini dipastikan adalah bagian dari kelompok 21 orang etnis Rohingya yang ditemukan di Padang Kawa pada Senin (13/3) kemarin yang kini telah diserahkan ke barak pengungsi UPTD Romoh Sejahtera, Aceh Besar. 

"Kita pastikan dia adalah bagian dari kelompok kemarin," katanya. 

Menindaklanjuti keterangan yang diperoleh, imbuh Pasiintel, pihaknya terus memantau keberadaan kelompok 'manusia perahu' di seluruh wilayah pesisir Abdya. Pihaknya juga menghimbau masyarakat terutama di sekitaran pantai agar melapor cepat bila mana menemukan keberadaan warga asing. 

"Alhamdulilah satu orang etnis Rohingya yang tercecer kemarin ini sudah kita amankan, ditampung oleh Dinas Sosial. Selama masih di Abdya keberadaannya ini akan terus kita pantau," jelas Pasiintel. 

Sebelumnya, 21 imigran gelap etnis Rohingya ditemukan terdampar di Desa Padang Kawa, Kecamatan Tangan-Tangan, pada Senin (13/3) subuh kemarin.

Kelompok manusia perahu tersebut mengaku terdampar di Abdya karena diturunkan terpisah oleh kelompoknya yang berjumlah keseluruhan 48 orang. Para imigran Rohingya ini sengaja berlayar ke seluruh negeri termasuk Indonesia guna mencari suaka untuk kehidupan baru mereka. 

Share:
Komentar

Berita Terkini