Pawai Budaya Awali Pembukaan Sabang Marine Festival 2023

Laporan: AYU RAHAYU author photo


Sabang  -  Pawai budaya mengawali rangkaian pembukaan event Sabang Marine Festival (SMF) 2023. Peserta start dari depan Kantor Wali Kota hingga finish di Menara Merah Putih Sabang, Jumat (17/3/2023).

Rangkaian seremoni dimeriahkan dengan berbagai atraksi seperti, marching band, aksi teatrikal, tari tradisional tulo-tulo, putri bunga, custom carnival, seudati, pencak silat, pakaian adat nusantara, barongsai dan juga ada ikon kapal SMF23.

Pawai budaya yang melibatkan 425 peserta ini, akan mengambil start di depan Kantor Wali Kota Sabang, kemudian turun ke arah Taman Ria menuju Tugu Cengkeh, terus lurus ke arah kiri menuju Tugu Merah Putih, hingga finish di Distrik Navigasi Sabang.

Selain menampilkan atraksi budaya, SMF23 juga melibatkan berbagai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui pameran dan bazar ekonomi kreatif yang ada di pulau paling ujung barat Indonesia itu.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, mengatakan dengan tema “Gerbang Kekayaan Bahari Indonesia”, SMF tahun ini dikemas dengan menggambarkan aktivitas bahari, juga diperkuat dengan konsep ragam budaya di Kota Sabang.

“Tidak hanya bahari, tapi juga budaya kita perkuat dalam SMF tahun ini. Mulai dari beberapa hari yang lalu, suasana SMF23 sudah terasa di Sabang, termasuk yang akan menampilkan atraksi di pawai budaya, mereka terus melakukan latihan secara intensif,” ujar Reza Fahlevi beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui, event bahari terbesar di Aceh, Sabang Marine Festival 2023 digelar 17-19 Maret 2023. Kegiatan tersebut masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).
Share:
Komentar

Berita Terkini