Danrem Teuku Umar Pimpin Pemusnahan Ladang Ganja Terbesar Tahun 2023

Laporan: Heri author photo
Danrem 012/Teuku Umar Kolonel Inf Riyanto pimpin personel gabungan musnahkan ladang ganja terbesar tahun 2023 di kawasan pegunungan Beutong

ACEHPRESS, Aceh Barat - Korem 012 Teuku Umar menemukan 40 Hektare ladang ganja di sebelas titik lokasi yang berada di Hutan Lindung Pegunungan Buetong Ateuh Benggala Kabupaten Nagan Raya. 

8,9 Hektare di 3 titik lokasi diantaranya sudah berhasil dimusnahkan oleh Tim Gabungan, Senin (10/4/2023).

Temuan ladang ganja tersebut adalah penemuan terbesar di tahun 2023 yang sebelumnya Polres Aceh Barat juga sudah berhasil memusnahkan 32 Hektare ladang ganja di lokasi pegunungan tersebut.

Penemuan ladang ganja kali ini berada di Desa Blang Meurandeh Kecamatan Beutong Benggala Kabupaten Nagan Raya atau 6 Jam perjalanan kaki mendaki gunung dengan lereng yang curam.


Danrem 012 Teuku Umar, Kolonel Inf, Riyanto, S.I.P saat diwawancarai di TKP mengatakan penemuan ladang ganja tersebut berawal dari hasil peninjauan lokasi latihan Proglatsiops Yonif 116 Garda Samudra Korem 012 Teuku Umar dalam rangka Satgas Pam Obvitnasi Freeport Indonesia (FI) di Papua yang akan datang.

"Tentunya dalam hal ini saya selaku Danrem tidak mempunyai kewenangan terhadap penegakan hukum, makanya kita mengajak dari Pihak Kepolisian, Polres Nagan Raya, Kejari Nagan Raya, Brimob Kompi C, Kodim 0116/ Nara, BNN,Polhut KPH kehutanan, Yonif 116/GS serta dari pihak Masyarakat, intinya apa yang kita temukan ini kita serahkan kepada penegak hukum," ujar Kolonel Inf Riyanto.

Lanjutnya Kolonel Riyanto menjelaskan bahwa pohon ganja yang ditemukan tinggi rata-rata mencapai 2 Meter atau siap panen. 

"Ini bisa kita perhitungkan dengan perbatangnya kita lihat mencapai dua meter lebih, berarti ini bisa mencapai 6 hingga 7 ton hasil panen per hektar," Jelas Danrem.

Untuk menindaklanjuti sisanya Danrem 012 Teuku Umar bermalam di hutan bersama sejumlah personil nya guna melakukan penulusuran lebih lanjut terhadap beberapa titik lainnya dan kemudian juga akan dilakukan pemusnahan terhadap lahan lahan tersebut. **

Share:
Komentar

Berita Terkini