Food Estate Korem 012/TU Dikunjungi CDAM PT. Astra Agro Lestari

Laporan: Heri author photo


ACEHPRESS, Meulaboh- Komandan Korem (Danrem) 012/Teuku Umar Kolonel Inf. Riyanto, S.I.P menerima kunjungan dari CDAM PT. Astra Agro Lestari (PT. AAL) Area Aceh Bapak Riduan Manik di lahan ketahanan pangan atau food estate, Senin (3/3/23).


Kunjungan tersebut dalam rangka silaturrahmi dengan Danrem 012/TU dan berdiskusi mengenai program-program yang dilakukan Korem 012/TU dalam mendukung pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Dalam pertemuannya, Kolonel Riyanto menyampaikan bahwa Korem 012/TU akan terus berupaya dalam mendukung program-program pemerintah dalam bidang pertanian yaitu dengan menggarap lahan food estate yang didalamnya akan dilakukan peternakan sapi dengan metode integrasi.


Integrasi antara perkebunan kelapa sawit dan peternakan sapi bisa memberikan manfaat yang besar bagi kedua sektor ini. Dalam integrasi ini, petani dapat memanfaatkan lahan di bawah tanaman kelapa sawit sebagai padang rumput untuk peternakan sapi, ujar Danrem.


“kotoran sapi juga dapat digunakan sebagai pupuk organik untuk tanaman kelapa sawit, sehingga mengurangi penggunaan pupuk kimia dan memperbaiki kualitas tanah”, ungkapnya.


Selain itu, Danrem juga menerangkan canal block system yang telah dibangun oleh Makorem sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutlah) di wilayah Korem 012/TU. 


Selanjutnya, diskusi mengarah tentang budidaya ikan di kerambah yang telah dimiliki oleh food estate Korem 012/TU. 


‘‘Dengan pengembangan kerambah ikan, kita berharap dapat meningkatkan produksi ikan di Aceh Barat sehingga akan menekan laju inflasi, yang akan memberikan dampak positif bagi perekonomian Kabupaten Aceh Barat dan nasional secara keseluruhan,‘‘ pungkas Danrem. **

Share:
Komentar

Berita Terkini