Danrem 012/TU Sambut Pj Gubernur Aceh Tinjau Lahan Poktan Teuku Umar Farm

Laporan: Heri author photo


ACEHPRESS, Meulaboh - Danrem 012/TU Kolonel Inf Riyanto, S. I.P., menyambut kedatangan Pejabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki, untuk meninjau lahan pertanian dan peternakan milik Kelompok Tani Teuku Umar Farm, di lokasi Korem Teuku Umar Meulaboh, Kec. Meureubo, Kab. Aceh Barat, Rabu (10/05/ 2023) 

Di lahan tersebut, di antaranya ditanami jagung, kacang tanah, bawang, pare, gambas, cabai dan padi. Ada juga ternak sapi, bebek dan ikan lele. 

"Potensi Aceh sangat bagus. Orang bilang tanah rawa susah ditanami tanaman, buktinya ini jadi kok," kata Achmad Marzuki. Ia meminta agar Bupati mengajak serta Dandim dan Danrem untuk memberikan motivasi kepada masyarakat di lahan berawa pun jika digarap dengan baik akan menghasilkan hasil tanaman yang bagus.


Dalam kesempatan tersebut Danrem 012/TU mengatakan tentang kondisi lahan disini dulunya adalah hutan rawa beranta tetapi sekarang menjadi lahan yang produktif. "kita juga membangun sekat kanal blocking system yang bertujuan untuk menahan air sehingga areal lahan gambut tetap terus basah saat musim kemarau tiba, "ucap Danrem. 

Dengan begitu, "kebakaran lahan di areal rawan kebakaran dapat diantisipasi dengan sekat kanal itu dan juga dapat dimanfaatkan sebagai kerambah Ikan serta untuk menyiram tanaman," tambah Danrem.

Dilahan itu, apa yang dilakukan Kelompok Tani Teuku Umar Farm di Makorem merupakan bagian dari program ketahanan pangan terintegrasi, dimana pengembangan tanaman dengan pupuk organik hasil kotoran hewan yang dipelihara di sana dan para anggota kelompok tani juga menanam berbagai macam pakan ternak seperti rumput, dedaunan dan pohon pisang", tutup Danrem. 

Pada saat kunjungan, Pejabat Gubernur Aceh berkesempatan menanam Bawang pada lahan seluas 54 Ha tersebut dan Achmad Marzuki bahkan ikut memanen cabai dan gambas. "Kerja sama yang baik seperti ini penting," kata Achmad Marzuki.  (Penrem012/TU)**

Share:
Komentar

Berita Terkini