Sosok Nek Ayat Kasem, JCH Pidie Tertua, Giat Nabung Tunaikan Ibadah Haji

Laporan: Redaktur author photo
acehpress.com, Sigli-Melaksanakan Ibadah haji merupakan salah satu rukun islam yang lima bagi ummat islam dunia. Bincang bincang bersama Nek Ayat Kasem salah seorang jamaah calon haji (JCH), di lokasi Masjid Al-Falah Sigli saat manasik dalam praktek sa'i.

Dia, Nek Ayat Kasim, kini berusia sangat renta capai 95 tahun lebih, asal Kecamatan Tangse ini sudah lama sekali berniat ke Tanah Suci untuk tunaikan ibadah haji.

Penantian panjang selama 12 tahun masa menunggu, untuk menunaikan ibadah haji, tidak menyurutkan Nek Ayat Kasim yang memiliki sejumlah anak-anak dan beberapa cucu ini tetap konsisten dan tegar.

Menanti waktu pemanggilan oleh pihak Pemerintah (Kementerian Agama) menuju Ka'bah Baitullah.

Tampak saat dicoba ajak bicara, Nek Ayat Kasem sangat antusias dan semangat yang berapi-api terukir diwajahnya nan mulai keriput. 

Loen cukop bahagia, manteng gebri kesempatan dan kesehatan le Allah SWT, untuk loen pubut ibadah haji nyo, katanya dalam bahasa Aceh nan kental. 

Niet loen untuk loen jak u Tanoh Suci Makkah Mukarramah, that treb loen mehajad beutroh loen pubut ibadah nyo, tambahnya. 

Saboh cara loen beu trok lon jak tanoh suci, loen tabung loen kubah peng bacut -bacut dari hase lampoh dan blang, ungkapnya 

"Alhamdulillah, dengan izin Allah SWT, thon nyo kana panggilan," ujarnya lirih, dengan nada terbata-bata, didampingi sejumlah tamu-tamu Allah lainnya di pelataran halaman Masjid Agung Al- Falah Sigli, saat jeda praktek Sa'i yang di pandu oleh IPHI Pidie.

Penulis : Hasballah.B
Rubrik : Daerah 
Share:
Komentar

Berita Terkini