Upacara Bendera Bersama Pelajar SMA Unggul, TNI Ajarkan Disiplin

Laporan: Heri author photo


ACEHPRESS, Abdya- Koramil 04/Susoh Kodim 0110/Abdya menggelar upacara bendera bersama siswa SMA Unggul Tunas di halaman sekolah setempat, Desa Padang Baru Kecamatan Susoh, Senin (8/5/2023).


Kegiatan upacara bendera yang dimulai pukul 07.00 WIB ini dipimpin Irup Bati Tuud Serma Riatman, diikuti oleh seratusan pelajar, dewan guru dan perwakilan Babinsa. 


Danramil 04/Susoh Kapten Inf Fajar Setyawan melalui Bati Tuud Serma Riatman mengajak kepada siswa untuk bersikap disiplin. Ia menyebut disiplin merupakan cerminan tanggung jawab seseorang tidak terkecuali pelajar sebagai generasi penerus.


Serma Riatman mendefinisikan disiplin merupakan perasaan sadar untuk taat dan patuh terhadap aturan dan norma yang telah ditentukan, tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun.


Ia mencontohkan sikap disiplin bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari antara lain bangun pagi, tidak terlambat masuk sekolah, belajar setiap hari, beribadah tepat waktu dan kegiatan positif lainnya. 


“Jadi makana upacara ini adalah selain sebagai bentuk penghormatan pada pahlawan, juga sebagai alat membentuk kedisiplinan secara dini," ujarnya. 


Ia berharap dengan terbentuknya disiplin pada diri para pelajar, pengaruh dan virus negatif seperti Narkoba, bolos sekolah dan free sex dapat terelakan. 


"Mulai sekarang mari tanamkan disiplin menjadi bagian dari nafas kita. Sebagaimana iyel-iyel yang sudah kita ajarkan, disiplin adalah nafasku," katanya. 


Share:
Komentar

Berita Terkini