Babinsa Dorong Warga Cipta Home Farm Untuk Ekonomi

Laporan: Heri author photo
Babinsa tinjau kegiatan warga cipta home farm untuk tambahan ekonomi harian


ACEHPRESS, Abdya- Babinsa Koramil 09/Lembah Sabil Kodim 0110/Abdya Serda Adi Triono mendorong warga binaan di kawasan Kayee Aceh Lembah Sabil untuk aktif memanfaatkan halaman pekarangan rumah menjadi lahan pertanian atau home farm. 


Babinsa menyebutkan selain bermanfaat untuk keasrian dan keindahan halaman rumah, home farm juga terbukti bisa membantu ekonomi harian bagi warga karena mengingat komoditi pertanian jenis sayur mudah dipasarkan. 


"Contoh kecil yaitu tanaman kangkung, cabai dan lainnya itu hampir tiap hari orang membutuhkan. Jadi ini sangat bermanfaat," kata Babinsa, Rabu (15/6/2023). 


Ia menjelaskan home farm saat ini tengah menjadi trend terutama bagi kaum milenial. Sistem pertanian ini sangat praktis karena dengan lahan yang terbatas, multi manfaat dapat tercapai. 


Saat ini home farming tidak hanya sekadar hobi atau pelepas waktu luang saja, namun lebih dikembangkan sebagai aset mata pencaharian dan sumber penghasilan.


"Dan ini juga merupakan bagian dari upaya memperkuat ketahanan pangan nasional," tegasnya. 


Babinsa berharap, trend home farm ini bisa menjadi klaster untuk warga yang lain dan sekaligus bisa menjadi trigger ekonomi di wilayah. 


Share:
Komentar

Berita Terkini