Konstan Gelar KB Kes, Kodim Abdya Komit Tekan Stunting

Laporan: Heri author photo

 

Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi (foto : Heri/acehpress.com) 


ACEHPRESS, Abdya- Kodim 0110/Abdya bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar kegiatan KB Kesehatan, berlangsung di Desa Geulanggang Batee Kecamatan Lembah Sabil, Kamis (22/6/2023). 


Kegiatan tersebut disinergi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) Abdya. Program KB Kes semester I TA 2023 ini bertema 'TNI AD Bersama Rakyat Menjadikan Keluarga Sehat dan Sejahtera'. 


Turut hadir Pj. Bupati Abdya Darmansah diwakili Asisten II Setdakab Liza Marfandi bersama perwakilan Polres Kasi Binmas AKP Ali Kosasih, Kasi Datun Kejari Abdya Rahmadian, Kepala DPMP4 Nur Afni Muliana, Camat Lembah Sabil Salman, Kades Geulanggang Batee Kasrianto dan sejumlah anggota Persit serta komponen warga setempat. 


Dalam sambutannya, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi menyampaikan hakikat dari kegiatan tersebut ialah sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui keluarga yang berkualitas dan bebas stunting. 


Keterlibatan pihaknya dalam hakikat tujuan di atas mengacu pada dasar UU RI No. 34 Tahun 2004 tentang TNI. Dalam dasar itu ditegaskan salah satu tugas TNI selain perang yaitu Memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta.


"Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari MoU Panglima TNI bersama dengan BKKBN dalam upaya percepatan penurunan stunting," katanya. 


Lanjutnya Dandim menyebutkan bahwa hingga saat TNI tetap konsisten membantu pemerintah menyukseskan program kependudukan dan kesehataan masyarakat melalui keluarga yang berkualitas dan bebas stunting. Upaya itu terus digrilya salah satunya dengan program KB Kesehatan. 


Senada dengan itu Pj. Bupati Abdya Darmansah dalam amanatnya mengapresiasi Kodim 0110/Abdya yang telah aktif membantu pemerintah dalam menurunkan stunting. 


Darmansah menyebut meski angka stunting di Abdya rendah dari daerah lain, namun prevalansi stunting tetap prioritas karena menyangkut langsung dengan kualitas dan kesehatan generasi penerus bangsa. 


Untuk itu pihaknya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat yang hadir dalam acara program tersebut agar dapat membantu meneruskan edukasi tentang pentingnya KB dalam penurunan stunting. 


"Mudah-mudahan dengan adanya kerja sama lintas sektoral, dengan peran masing-masing dapat menurunkan dan menekan prevalensi stunting di Kabupaten Aceh Barat Daya. Kami berharap seluruh pihak yang terlibat dapat berpartisipasi aktif selama kegiatan ini berlangsung sehingga mendapatkan hasil yang maksimal," pesan Pj. Bupati Abdya. 


Pantauan, kegiatan KB Kes ini diakhiri dengan sosialisasi Kesehatan seputar KB dan pencegahan stunting diisi oleh Kepala DPMP4 Abdya Nur Afni Mulyana. 


Share:
Komentar

Berita Terkini