Pemerintah Aceh Gelar Seni Budaya di Alun Alun Pidie

Laporan: Admin author photo
Dok. Ist

Sigli | Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh menggelar serangkaian acara seni dan budaya islami  di lapangan GOR Alun-alun Kota Sigli, selama dua malam, Jumat, (9-10 Juni 2023).

Gelar Festival seni budaya ini bertajuk "adat ngen reusam saban tajaga, agama bek leukang seni beumeuseuraya" dalam Piasan Raya Pidie tahun 2023.

Pj Bupati Pidie Ir Wahyudi Adisiswanto M.Si diwakili Asisten, Drs Samsul Azhar, MM, sekaligus membuka acara Festival Seni Budaya Pidie ini antara lain mengatakan, melestarikan seni budaya bukanlah suatu pekerjaan gampang, meskipun begitu hal ini sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk dapat terus menjaga dan melestarikan budaya kita.

Seperti dikatakan Sultan Iskandar Muda, "mate aneuk mupat jeurat, gadoh adat hana pat tamita", ungkap Samsul Bahri.

Sebelumnya Kadis Budpar Aceh, Almuniza Kamal S.STP, M.Si diwakili Kabid Bahasa dan Seni, Nurlaila Hamzah S.Sos MM menyampaikan beberapa catatan dalam melestarikan  budaya dan seni di Aceh.

Gelar seni budaya menampilkan Atraksi panggung budaya, tari kreasi, rapai geleng, tari seudati, rapai gerimpheng, meramin sajan tet apam, workshop budaya, pameran jajan kuliner Pidie, lomba dike Aceh se-Kab.Pidie, dan jambo seni (Hasballah.B).

Share:
Komentar

Berita Terkini