Warga Setia Diingatkan Babinsa Tidak Tergiur Pinjol

Laporan: Heri author photo
Dialog humanis Babinsa ingatkan warga tidak tergiur tawaran pinjaman online (Pinjol) 


ACEHPRESS, Abdya- Babinsa Pos Ramil 08/Setia Kodim 0110/Abdya Serda Rahmat mengimbau masyarakat dalam wilayah binaan agar tidak terjebak pada tawaran kredit pinjaman online (Pinjol) ilegal. Menurut Babinsa kasus Pinjol telah menjerat banyak korban, umumnya masyarakat kelas menengah ke bawah. 


Imbauan tersebut disampaikan Babinsa melalui bahasa humanis secara door to door pada kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) di Desa Tangan- tangan Cut Kecamatan Setia, Kamis (15/6/2023). 


"Bila ada tawaran atau ajakan untuk ambil Pinjol, sebaiknya jangan. Hindari itu, karena sudah banyak yang terjebak," ungkap Babinsa. 


Menanggapi hal tersebut, terpisah, Danpos Ramil Setia Serma SY Lubis mengakui kasus Pinjol saat ini telah mulai marak dan memprihatinkan. Warga terjebak terhadap iming-iming Pinjol lantaran prosesnya dianggap cepat dan tidak memerlukan  jaminan. 


"Justru ini lebih bahaya, karena jaminannya itu persetujuan akses data pribadi. Bunga pinjaman ini sangat besar melebihi dari bank," katanya. 


Lubis menilai Pinjol ilegal yang marak saat ini tidak lebih dari rentenir yang bertransformasi memanfaatkan era digital. Masyarakat perlu waspada dan hati-hati menyikapi akses tawaran pinjaman yang masuk ke seluler masing-masing. 


"Oleh karenanya dalam Komsos Babinsa wajib mengedukasi warganya, terutama yang notebenenya awam agar lebih hati-hati menyikapi tawaran Pinjol. Caranya sederhana, acuhkan tawaran Pinjol, jangan dilayani," singkatnya. 

Share:
Komentar

Berita Terkini