Kejati Aceh Melaksanakan MTQ Dalam Rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke-63

Laporan: AYU RAHAYU author photo

Banda Aceh  – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh Bambang Bachtiar, S.H.,M.H secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kejati Aceh tahun 2023 yang berlangsung di ruang aula Kejati setempat pada Rabu (5/7/2023).

Acara diawali dengan Devile Kafilah MTQ Kejaksaan Tinggi Aceh, dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran sekaligus shalawat.

Mukhzan, S.H.,M.H Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Aceh selaku Ketua Panitia Pelaksana menyampaikan bahwa pelasanaan MTQ ini adalah dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 63 Tahun 2023, yang diikuti oleh 22 Kejaksaan Negeri dan 2 Cabang Kejaksaan Negeri.  jumlah peserta yang ikut dalam MTQ Kejati Aceh Tahun 2023 sebanyak 48 orang yang terdiri dari Putra 29 orang dan putri 19 orang.

Dalam sambutannya, Kajati Aceh Bambang Bachtiar, S.H.,M.H mengatakan, salah satu program pembangunan bidang agama adalah peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan di masyarakat, dan di antaranya adalah melalui kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an.

“Kegiatan ini merupakan pengembangan syiar Islam dan ikhtiar untuk mengagungkan kalam ilahi, untuk meneguhkan kesucian-Nya, memperkuat keimanan, dan memperluas fungsi edukatif daripada kitab suci Al-Qur’an bagi umat Islam.”

“Saya mengharapkan MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Qur’an, tetapi jalan mengedukasi warga Adhyaksa untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Qur’an.,” ujarnya.

MTQ juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, selain juga sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimah.

Ia juga berharap, nilai-nilai silaturahim dan kebersamaan yang tercipta antar-kafilah di arena MTQ ini akan mengalahkan semangat berlomba untuk menjadi juara. “Mari kita jadikan Musabaqah ini sebagai wahana untuk menumbuhkan ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah,” pungkasnya.

Kemudian dilanjutkan pemukulan beduk sebagai tanda pembukaan MTQ Kejati Aceh Tahun 2023 secara simbolis yang didampingi oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh, serta seluruh Asisten pada Kejaksaan Tinggi Aceh.  Hadir tamu undangan dari MPU Aceh, Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh, Kemenag Aceh serta para Juri MTQ Kejati Aceh Tahun 2023. 

Share:
Komentar

Berita Terkini