Ramai, Penziarah Ke Makam Syekh Abdurrauf As Singkili

Laporan: Admin author photo

Singkil | Makam ulama besar dan penyebar Islam Nusantara, Syekh Abdurrauf bin Al Fansuri As Singkili yang terletak di Gampong Kilangan, Aceh Singkil menjadi momentum bagi warga untuk berziarah.

Tampak saban hari, penziarah ramai berkunjung ke Makam Syekh Abdurrauf untuk berdoa dan melihat langsung lokasi makam ulama besar itu.

Seorang pengunjung asal Sumatera Barat, Wahyuni mengatakan, kunjungan ke Makam merupakan destinasi Islami, dan di sini kita sholat juga di mushala dan berdoa serta membaca wirid yasin di Makam, katanya, Minggu (9/7/2023).

Nurjannah seorang Warga Tangse Pidie, yang berkunjung ke Makam juga menyatakan kegembiraannya, karena selama ini kita hanya membaca di berita, Alhamdulillah kita sudah sampai di Makam, katanya.

"Kita berdoa di makam ini semoga almarhum ulama besar ini diberi Allah tempat di Surga" ujar Tgk Iskandar penziarah asal Sigli.

Pantauan media ini, lokasi Makam di pinggir sungai Singkil dan berjarak satu meter ada Mushalla. Makam terbuat dari keramik, bertuliskan nama almarhum di batu nisan.

Syekh Abdurrauf bin Al Fanshuri As Singkili lahir di Singkil, pada tahun 1615 M dan meninggal pada tahun 1693.

Ada dua versi, satu Makam di Gampong Kilangan, Aceh Singkil dan satu Makam lagi di kenal sebutan Tengku Syiah Kuala, terletak di Gampong Syiah Kuala, Kemudian namanya diabadikan untuk Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh. (Hasballah B)

Share:
Komentar

Berita Terkini