Kecamatan Sukajaya Sabang Menyelenggarakan Anoi Itam Village Festival Dalam Rangka HUT RI ke - 78

Laporan: AYU RAHAYU author photo


Sabang. -  Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 78, Gampong Anoi Itam Kecamatan Sukajaya Kota Sabang selenggarakan  Anoi Itam Village Festival yang akan berlangsung 14-16 Agustus 2023.

Keuchik Gampong Anoi Itam Khairuddin mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan pihaknya untuk mengembangkan potensi wisata di gampong tersebut juga untuk meningkatkan nasionalisme, silaturrahmi dan merawat seni serta budaya daerah.

Dengan mengusung tema Sunrise Land Of Sabang dikemas dengan beragam kegiatan yakni camping ground, tarian opening piasan melaot, peluncuran logo wisata Gampong Anoi Itam, festival ikan bakar, lomba masak kuah engkot peuaweh, toet apam, lomba mancing ikan, kenduri laot, zikir dan doa bersama.

“Kita buat dihari pertama toet apam, hari kedua lomba mancing dan lomba masak kuah engkot peuaweh. Kemudian dihari ketiga sekaligus penutupan agar lebih meriah kita berkolaborasi dengan anggota Lembaga nelayan untuk selenggarakan Khanduri laot atau kuah beulangong,” ujar Khairuddin, Selasa (15/08/2023).

Sementara itu PJ Walikota Sabang Drs. Reza Fahlevi sangat mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak Gampong Anoi Itam tersebut. Ia berharap kedepannya seluruh gampong di Kota Sabang dapat menyelenggarakan kegiatan yang sama agar dapat melestarikan adat dan budaya, serta untuk menarik kunjungan wisatawan ke Kota Sabang.

“Kolaborasi dari masyarakat Anoi Itam, ini adalah ide dari mereka sendiri mengembangkan desanya sebagai salah satu destinasi wisata, selain membenahi tempatnya, menyelenggarakan event, memamerkan dan memasarkan seluruh hasil atau produk dari UMKM. Jadi ini sangat bagus sekali, semoga dapat menjadi contoh untuk gampong lain yang ada di Sabang,” kata Reza.

Selain menampilkan beragam kegiatan menarik, dalam event Anoi Itam Village Festival ini pihak penyelenggara juga menampilkan pameran produk unggulan Gampong, juga ikut serta bazar dari IPEMI Sabang, Dekranasda Sabang serta dimeriahkan juga stand dari DKP Provinsi Aceh.
Share:
Komentar

Berita Terkini