Pangdam IM membuka Expo Semarak Kemerdekaan RI ke 78 wilayah Kodam Iskandar Muda tahun 2023.

Laporan: AYU RAHAYU author photo


Banda Aceh - Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P, membuka acara Expo Semarak Kemerdekaan RI ke 78 wilayah Kodam Iskandar Muda tahun 2023 di Lapangan Blang Padang Kota Banda Aceh, Rabu (23/08/23) malam.

Mengawali sambutannya Pangdam IM mengajak para pengunjung untuk senantiasa memanjatkan puji dan syukur ke Hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan Rahmat dan Karunia-Nya pada malam ini dapat menghadiri acara pembukaan expo Semarak Kemerdekaan Kodam Iskandar Muda, dalam keadaan sehat wal‘afiat.

Lebih lanjut Pangdam IM mengucapkan selamat datang kepada para tamu undangan, pejabat dan seluruh masyarakat yang hadir pada momen istimewa ini. Expo Semarak Kemerdekaan ini bukan hanya sekadar suatu acara, melainkan juga sebuah wujud nyata dari semangat Persatuan dan Kesatuan Bangsa, yang telah terbina sejak zaman Kemerdekaan hingga saat ini.

Pangdam IM juga menyampaikan bahwa acara ini merupakan perwujudan dari semangat juang dan tekad tanpa batas yang telah mewarnai perjalanan Bangsa Indonesia menuju Kemerdekaan RI. Expo Festival ini adalah bukti konkret komitmen bersama dalam mendorong inovasi, semangat kebersamaan, dan keberagaman yang menjadi ciri khas kita sebagai sebuah Bangsa.

Panglima juga menuturkan bahwa dalam expo kali ini, para pengunjung akan disuguhkan dengan beragam pameran diantaranya pameran dari instansi pemerintahan, BUMN/Swasta, Pameran Alutsista, Pameran UMKM, Otomotif, Bazar Kuliner, Panggung Seni Budaya, dan berbagai kegiatan lomba diantaranya Festival Band, Baca Puisi, Menggambar, Lomba Foto Kemerdekaan dan Lomba Mural Kemerdekaan, yang menggambarkan perjalanan perjuangan serta prestasi Bangsa Indonesia. Dari generasi ke generasi, semangat kemerdekaan akan terus berkobar dan melalui kegiatan expo ini kita mengingatkan bahwa tugas dan tanggung jawab untuk menjaga dan memajukan Negara ini khususnya di wilayah Provinsi Aceh merupakan amanah yang harus terus kita jaga.

“Hal ini juga selaras dengan kondisi perdamaian aceh yang merupakan berkah sekaligus pintu bagi seluruh Rakyat Aceh untuk meraih kehidupan yang lebih baik. Kodam Iskandar Muda akan selalu berdampingan dengan jajaran Forkopimda serta komponen bangsa lainnya untuk menggalang spirit kebersamaan, sebagai upaya menciptakan Aceh yang damai, aman, nyaman serta sejahtera”. Ujar Pangdam IM.

Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya mengungkapkan bahwa selama beberapa hari ke depan, kita akan menjadi saksi dari berbagai pencapaian, bakat, dan usaha kreatif yang menggambarkan kekuatan serta potensi luar biasa dari masyarakat kita. Melalui kegiatan ini, kita memperlihatkan bahwa Provinsi Aceh adalah tempat yang penuh dengan potensi, yang senantiasa bergerak maju dan menginspirasi.

Pangdam IM mengajak seluruh elemen masyarakat yang hadir untuk turut ambil bagian dalam berbagai kegiatan yang telah disiapkan dalam rangka expo semarak kemerdekaan ini. Mari bersama-sama memperkuat rasa nasionalisme, cinta tanah air, dan semangat gotong-royong dalam rangka membangun indonesia yang lebih baik. Menurut Pangdam IM, expo ini dapat dimanfaatkan untuk merayakan sejarah kita, merayakan kemajuan kita, dan merayakan cita-cita kita untuk masa depan yang lebih gemilang. bersama, mari kita terus membangun indonesia yang lebih kuat, sejahtera, dan penuh harapan, yang dapat kita wariskan dengan bangga kepada generasi mendatang.

Mengakhiri sambutannya Pangdam IM mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan Expo Semarak Kemerdekaan RI ke 78 di wilayah Kodam Iskandar Muda tahun 2023, dan berharap semoga acara ini sukses dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Aceh.

Selain Expo Semarak Kemerdekaan tahun 2023, Kodam Iskandar Muda sebelumnya juga menggelar beberapa Event kejuaran olah raga diantaranya Kejuaraan Basket, Ketangkasan Golf dan Kejuaraan Tenis Lapangan, sementara itu Kejuaraan IMTA (Iskandar Muda Trail Adventure) akan dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus tahun 2023 ini. Semua kegiatan ini bertujuan untuk memajukan olah raga di Provinsi Aceh, sehingga diharapkan mampu bersaing tidak hanya di tingkat Kabupaten melainkan bisa bersaing di tingkat Nasional bahkan Internasional.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada para Pahlawan Nasional dari Aceh yaitu Sultan Iskandar Muda, Teuku Umar, Cut Nyak Dien, Cut Meutia, dan Malahayati, yg diterima oleh keluarga para Pahlawan Nasional tersebut. Pangdam IM juga berkesempatan memberikan santunan kepada 100 anak yatim.

Hadir dalam acara tersebut Kapolda Aceh, jajaran Forkopimda Aceh,  Kasdam IM, Irdam IM, Kapok Sahli Pangdam IM, para Asisten Kasdam IM, para Kabalakdam IM, Tamu Undangan dan Para pengunjung acara expo tersebut.
Share:
Komentar

Berita Terkini