Inspiratif, Babinsa Beri Pelatihan Mekanik Gratis Untuk Anak Putus Sekolah

Laporan: Heri author photo

 


ACEHPRESS, Abdya- Di tengah kesibukannya sebagai anggota TNI, seorang Babinsa dari Kodim 0110 Aceh Barat Daya memberikan pelatihan ilmu mekanik secara gratis untuk remaja yang putus sekolah, Jumat (15/9/2023).


Berbekal kecintaannya terhadap dunia mekanik, Babinsa yang bernama Koptu Hendra Kelana berhasil merintis usaha bengkel sejak tahun 2013 silam, di halaman pekarangan rumahnya, di kawasan Desa Pasar Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya. 


Berkat kegigihannya, kini ia telah mampu mempekerjakan 5 orang warga di sekitarnya. 


Selain mampu menciptakan lapangan kerja baru, Koptu Hendra Kelana juga aktif memberikan pelatihan mekanik secara gratis untuk anak putus sekolah. Ia juga kerap menerima praktek siswa magang dari sejumlah sekolah kejuruan wilayah setempat. 


Ada pun ilmu mekanik yang diberikan oleh sang Babinsa diantaranya ilmu bongkar mesin otomotif, bubut dan las listrik. 


Salah satu peserta latihan, Rusli (19) asal Kecamatan Susoh mengaku senang bisa mengikuti pelatihan mekanik secara gratis dari Babinsa. Menurutnya ilmu yang telah ia dapat sangat bermanfaat untuk kemandiriannya di masa depan. 


"Sangat bermanfaat. Apalagi ilmu yang diberikan Babinsa ini gratis. Bila di tempat lain, untuk mendapatkan ilmu ini tentunya pakai biaya," ujar Rusli. 


Di tengah kesibukannya sehari-hari Koptu Hendra Kelana juga membuka jasa bengkel panggilan, khusus untuk sepeda motor dan alat mesin pertanian, dengan tarif seikhlasnya.


Ia berharap ilmu yang dimilikinya dapat memberikan manfaat, khususnya untuk TNI dan masyarakat luas pada umumnya. 


"Dalam memberikan bantuan itu saya ikhlas, tidak pernah mematok harga. Ada dikasih, saya terima, jika tidak saya anggap amal. Semoga ilmu mekanik yang saya miliki ini dapat bermanfaat,, khususnya untuk TNI dan umumnya masyarakat luas," singkatnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini