Sinergitas Babinsa Bhabinkamtibmas Dan Tim WCW Patroli Antisipasi Gajah Merusak Tanaman Warga

Laporan: AYU RAHAYU author photo


Kutacane - Babinsa ,Bhabinkamtibmas dan tim wcw melaksanakan sosialisasi dan patroli di kawasan gunung di desa Bunbun Indah kecamatan Louser Kabupaten Aceh Tenggara, Sabtu (16/09/23).

Bermula diterimanya informasi dari warga desa tentang adanya gangguan satwa liar Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatrae) Informasi ini kemudian ditindaklanjuti dengan turunnya Tim gabungan dari Balai Besar KSDA Aceh Tenggara, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa bunbun indah beserta perangkatnya, 

Di lokasi, tepatnya di Desa Bunbun indah, Tim melakukan monitoring serta sosialisasi dan menyusuri tempat-tempat yang terdampak dari konflik dengan gajah tersebut, dan menemukan jejak serta feses gajah yang berserakan di beberapa tempat. Selain itu juga ditemukan beberapa tanaman warga, pohon pisang  yang ditumbangkan gajah. Tim terus melakukan penelusuran untuk memastikan posisi gajah dengan mengikuti jejaknya, namun tidak ditemukan lagi keberadaan satwa tersebut.

Titik Lokasi merupakan berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Selanjutnya Tim memberikan penyuluhan kepada warga untuk berhati-hati serta waspada, dan apabila gajah tersebut kembali datang agar segera melapor kepada petugas. Tidak lupa juga Tim menyerahkan alat mitigasi berupa kembang api kepada warga untuk penanganan awal dan pengusiran bilamana gajah kembali ke dusun.
Share:
Komentar

Berita Terkini