STIKes Jabal Ghafur dan PMI Pidie Gelar Sosialisasi dan Donor Darah Sukarela

Laporan: Admin author photo

Sigli | Memasuki tahun akademik 2023/2024 mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Khusus (UKK) Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Jabal Ghafur berkerja sama dengan PMI Kabupaten Pidie menggelar kegiatan Sosialisasi dan Donor Darah Sukarela di kampus STIKes Jabal Ghafur. Rabu,13/09/2023.

Kegiatan sosialisasi dan donor darah ini dilaksanakan sebagai wujud nyata kepedulian sosial dan rasa solidaritas  segenap civitas akademika dan mahasiswa STIKes Jabal Ghafur, yang bertujuan membantu Unit Donor Darah PMI Kabupaten Pidie untuk menunjang stok darah yang terus meningkat kebutuhannya bagi pasien yang berada di semua Rumah Sakit umum dan swasta di Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya.

Wakil Ketua II STiKes Jabal Ghafur Ns. Abqariah, M.Kep menyampaikan, pihak Akademik sangat mengapresiasi kegiatan sosial yang dilakukan oleh Unit Kegiatan Khusus KSR PMI Unit STIKes Jabal Ghafur. Harapan kita bersama dengan sosialisasi ini bisa meningkatkan pengetahuan dan keminatan mahasiswa untuk donor darah.

Kegiatan ini sudah menjadi rutinitas di kampus STIKes Jabal Ghafur dalam melaksanakan donor darah, minimal tiga kali dalam setahun. Melalui rutinnya terselenggara kegiatan Donor Darah di kampus STIKes Jabal Ghafur diharapkan dapat memberikan wawasan terhadap pentingnya kegiatan donor darah sekaligus mendukung program kemanusiaan dengan mengumpulkan kantong-kantong darah yang diperuntukkan bagi sesama yang membutuhkan, pungkasnya.

Ketua PMI Pidie terpilih periode 2023-2028, Khalid S.Pd.I dalam sambutannya "Saya mendukung penuh kegiatan seperti ini, baik di Kampus-kampus maupun di instansi-instansi lain, karena dengan adanya Sosialisasi maka akan lebih banyak membuka hati masyarakat untuk mendonorkan darahnya secara rutin, demi kelangsungan hidup para pasien yang membutuhkan darah di seluruh Rumah Sakit yang ada di Pidie dan Pidie Jaya".

"Maka mari sama-sama bahu membahu dalam mensosialisasi Donor Darah, jangan takut lagi donor darah, takutlah jika kita butuh darah tapi tidak ada pendonor" tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan Sosialisasi Donor Darah yang disampaikan oleh Kepala Unit Donor Darah PMI Kabupaten Pidie dr. Dora Asrida. Dan dilanjutkan Donor Darah yang dilaksanakan di lobi Gedung Nurdin Abdurrahan STIKes Jabal Ghafur dengan mengumpulkan 35 Kantong Darah. Kegiatan ini tidak hanya dibuka bagi civitas akademika dan mahasiswa STIKes Jabal Ghafur melainkan juga untuk masyarakat umum dengan harapan “Satu kantong darahmu, sangat berharga bagi mereka yang membutuhkan.”

Melalui rutinnya terselenggara kegiatan Donor Darah di kampus STIKes Jabal Ghafur diharapkan dapat memberikan wawasan tentang pentingnya dan banyaknya manfaat donor darah baik itu untuk pribadi pendonor maupun untuk saudara kita yang membutuhkan, sekaligus mendukung program kemanusiaan melalu Palang Merah Indonesia untuk seluruh Masyarakat.

Share:
Komentar

Berita Terkini