Polresta Banda Aceh Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Laporan: AYU RAHAYU author photo

Banda Aceh. -  Polresta Banda Aceh menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 dengan penuh khidmat.


Tema yang diusung di Hari Kesaktian Pancasila pada tahun 2023 ini “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”.

Upacara ini berlangsung di Lapangan Apel Polresta Banda Aceh untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam mempertahankan ideologi bangsa, Minggu (1/10/2023).

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli memimpin langsung upacara tersebut sebagai Inspektur upacara dan Komandan Upacara Kapolsek Darul Imarah Iptu Hendra Syahputra.

Acara ini dihadiri oleh para pejabat utama Polresta Banda Aceh, perwira staf, Para Kapolsek jajaran dan personel Polresta serta ASN yang terlibat dalam pasukan upacara.

Upacara dimulai dengan laporan perwira upacara kepada Inspektur upacara, diikuti oleh penghormatan pasukan, pembacaan teks Pancasila dan UUD 1945, serta pembacaan ikrar Kesaktian Pancasila. Doa juga dibacakan sebagai bagian dari rangkaian acara ini, yang kemudian diakhiri dengan penghormatan pasukan.

Tujuan utama dari upacara ini adalah untuk menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan ideologi bangsa. Selain itu, upacara ini juga menjadi momen penting untuk merefleksikan makna dan nilai-nilai Pancasila, terutama bagi generasi muda.

KBP Fahmi, menekankan pentingnya pemahaman nilai-nilai Pancasila dalam membangun kesatuan dan persatuan bangsa. Ia juga mengajak semua pihak untuk terus mendukung pemahaman ini, khususnya di kalangan generasi muda.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 di Polresta Banda Aceh ini diharapkan dapat menjaga semangat perjuangan para pahlawan dan terus menginspirasi generasi muda Indonesia.” Pungkasnya. 

Share:
Komentar

Berita Terkini