Dandim Abdya Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional

Laporan: Heri author photo
Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi


ACEHPRESS, Abdya- Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi memimpin Upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional tahun 2023 tingkat Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), terpusat di lapangan Pemkab setempat, Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie, Jumat (10/11/2023). 

Upacara peringatan hari pahlawan ini diikuti personel gabungan dari TNI Polri, Satpol PP, Dishub, ASN dan komponen pelajar. 

Dalam prosesinya Dandim Abdya menyampaikan ulang amanat Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Risma Maharini bahwa peringatan hari pahlawan ke-78 kali ini bertema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. 


Dandim menyampaikan, tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara.

“Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumberdaya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral. Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara,” ujarnya.

Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran. Serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

“Dengan hanya berbekal bambu runcing, para Pahlawan dalam Pertempuran 10 November menghadapi musuh yang merupakan pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya. Rakyat bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama berikut pengikutnya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu. Merdeka atau Mati,” tuturnya.

Pantauan pewarta,  peringatan hari Pahlawan Nasional di wilayah Abdya juga dirangkai dengan acara ziarah dan tabur bunga di makam pahlawan Teuku Peukan, berlokasi di komplek mesjid Baitul Adhim. 

Share:
Komentar

Berita Terkini