Dandim Abdya Apresiasi Masyarakat Alue Mangota Antusias Tinjau Lokasi TMMD ke-119

Laporan: Heri author photo
Ikut tinjau medan bersama TNI dan Dinas PU, Personel Polhut sedang membantu pengukuran titik-titik jalan di gunung yang akan dibangun TMMD ke-119 Kodim Abdya

ACEHPRESS, Abdya- Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi memuji antusias masyarakat Desa Alue Mangota, Blangpidie Aceh Barat Daya (Abdya) yang turut berpartisipasi aktif meninjau rencana lokasi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 TA 2024, Jumat (22/12/2023). 

Sejak pukul 07.00 WIB, dua puluhan orang warga beserta anggota Koramil 01/Blangpidie dan Polhut telah stand-by menunggu kedatangan tim survei dari Staf Teritorial Kodim 0110 dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Abdya. 

"Alhamdulillah, terimakasih atas semangatnya. Antusiasme warga dalam menyambut TMMD ini sangat kami apresiasi. Ini sudah saya sampaikan sama Komandan di Banda Aceh. Beliau sampaikan salam hormat untuk semua warga Alue Mangota," ujar Dandim melalui Pasiter Kapten Inf Azwani. 

Pasiter menjelaskan TMMD merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu dalam lintas sektoral bertujuan  untuk percepatan pembangunan dan pemerataan ekonomi. 

TMMD ke-119 Kodim 0110/Abdya akan digelar selama 30 hari di Desa Alue Mangota pada Februari 2024. Program ini dicetus berdasarkan permintaan masyarakat dari bawah secara bottom up. 

Pasiter meminta antusias dan semangat masyarakat dalam mendukung program TMMD ini dapat terus dijaga dari awal rencana hingga akhir penutupan kegiatan. 

"Program pembangunan ini akan tercapai optimal bila kita semua bersatu padu gotong royong. Oleh karena itu kami berharap partisipasi aktif ini dapat terus dijaga sampai akhir TMMD nanti," terangnya. 

Kepala Desa Alue Mangota T Fakri mengaku senang wilayahnya dipilih sebagai sasaran lokasi TMMD Kodim Abdya. Ia membenarkan sejak lama masyarakatnya yang mayoritas petani mendambakan adanya akses jalan yang mudah di pegunungan untuk mengangkut hasil panen. 

"Masyarakat kami banyak yang berkebun di gunung sana. Namun karena tidak ada akses jalan, hasilnya tidak pernah terpetik. Alhamdulillah Kodim Abdya hadir mewujudkan impian kami. Kami masyarakat Alue Mangota siap mendukung TMMD ini sampai sukses," kata Kades. 

Informasi dihimpun, kegiatan tinjau medan berlangsung selama enam jam. Dari hasil survei tersebut diwacanakan TMMD ke-119 Kodim Abdya akan membuka badan jalan di atas gunung sepanjang 5 Km. Jalan itu dibuka untuk mempermudah akses warga mengangkut hasil kebun dari pegunungan ke kota. 

Di lokasi setempat juga akan di bangun sasaran fisik lainnya antara lain 3 unit jembatan dan 1 unit gorong-gorong. 

Selain fokus pada konstruksi fisik, TMMD Kodim Abdya juga akan membangun pola psikis masyarakat melalui kegiatan sasaran non fisik berupa ragam penyuluhan/sosialisasi diantaranya tentang bela negara, wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, pertanian, pendidikan, hukum dan Kamtibmas, Narkoba, KB Kesehatan, reboisasi, dan bhakti kesehatan untuk pencegahan stunting. 

Share:
Komentar

Berita Terkini