Peringati Hari Bela Negara ke-75, Dandim Abdya Ajak Prajurit Pertebal Etos Kerja

Laporan: Heri author photo
Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi pimpin prajurit peringati Hari Bela Negara


ACEHPRESS, Abdya- Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi mengajak prajurit di jajarannya untuk terus mempertebal semangat bela negara salah satunya dengan cara meningkatkan etos kerja. 


Seruan itu disampaikan Dandim seusai pelaksanaan upacara peringatan Hari Bela Negara ke-75, digelar di lapangan Makodim setempat, Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie, Selasa (19/12/2023). 


"Contoh sederhana dari bela negara untuk prajurit Kewilayahan saat ini adalah dengan cara meningkatkan etos kerja. Karena muara dari semua tugas yang telah diatur TNI AD ini sejatinya adalah untuk membantu pemerintah dan rakyat," kata Dandim. 


Sebelumnya, Dandim juga menyampaikan ulang amanat Presiden RI Ir. Joko Widodo, bahwasahnya peringatan Hari bela negara ini merupakan momentum bagi seluruh warga untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang dicita-citakan. 


Tantangan bangsa Indonesia ke depan akan semakin komplek dan tidak terduga. Tantangan tersebut tidak hanya dalam bentuk ancaman fisik, namun juga banyak tantangan yang bersifat non fisik tak kasat mata seperti Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim yang semuanya itu bisa berdampak dan beresiko pada tatanan ketahanan negara.


”Kita harus memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu,” baca Dandim.


Dalam amanat itu Presiden berharap kepada Seluruh rakyat Indonesia bisa memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadikan lebih tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu.


Semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan semata, tetapi juga harus menjadi bagian dari seluruh elemen masyarakat. 


Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.


"Ini adalah tugas bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kutip Dandim di amanat Presiden. 


Pantauan, dalam prosesinya upacara peringatan Hari Bela Negara ke-75 di lingkungan Kodim Abdya dipimpin langsung Dandim Letkol Inf Roqich Hariadi  dibantu petugas Danup Letda Inf Zahari, Pembaca Ikrar Lettu Inf Bakhtiar dan Paup Lettu Inf Razali. 



Share:
Komentar

Berita Terkini