TINGKATKAN INKLUSI KEUANGAN, OJK ACEH GELAR RAPAT KOORDINASI TPAKD SE-ACEH

Laporan: AYU RAHAYU author photo


Takengon, 2 Desember 2023. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Aceh menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) se-Provinsi Aceh dalam rangka mengevaluasi program TPAKD Kabupaten/Kota pada tahun 2023 dan merumuskan program kerja TPAKD tahun 2024 di Takengon, Jumat (1/12).

Kepala OJK Aceh Yusri dalam sambutannya berharap agar semua TPAKD di 23 Kabupaten/Kota dapat menjalankan program yang sesuai kebutuhan daerahnya, sehingga dapat mengembangkan potensi ekonomi yang ada di daerah masing-masing.

“Arah strategis pengembangan TPAKD Aceh 2024 sejalan dengan roadmap TPAKD, yaitu akselerasi pemanfaatan produk/layanan keuangan syariah, khususnya IKNB yang salah satunya Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP),” kata Yusri.

Sebagaimana diketahui, dari hasil survei tingkat literasi dan inklusi di Aceh tahun 2022 relatif lebih baik dari tingkat literasi dan inklusi nasional serta meningkat dibanding periode tahun 2019, di mana tingkat literasi sebesar 49,87 persen (nasional 49,68 persen) meningkat dari survei tahun 2019 sebesar 44,36 persen (nasional 38,03 persen), dan tingkat inklusi sebesar 89,87 persen (nasional 85,01 persen) meningkat dari survei tahun 2019 sebesar 86,09 persen (nasional 76,19 persen).

Selain meningkatkan tingkat literasi dan inklusi, tantangannya juga memperkecil gap antara tingkat literasi dan inklusi. Di Aceh, gap antara tingkat literasi dan inklusi tahun 2022 dapat diperkecil menjadi 40 persen dibandingkan gap tahun 2019 sebesar 41,73 persen.

OJK Aceh telah menginisiasi terbentuknya 24 TPAKD di wilayah Provinsi Aceh (TPAKD Aceh) yang terdiri dari 1 (satu) TPAKD tingkat Provinsi dan 23 TPAKD tingkat Kabupaten/Kota. Dengan telah terbentuknya TPAKD pada seluruh Kabupaten/Kota, maka dapat membantu pemerintah daerah dalam merumuskan serta menjalankan program-program percepatan akses keuangan daerah dan meningkatkan perekonomian masyarakat dengan lebih merata.

TPAKD Aceh memiliki 9 (sembilan) Program Kerja Utama, yaitu: Business Matching, Kegiatan Penyaluran Pembiayaan, Digitalisasi Keuangan, Pengembangan, Desa Wisata, Pengembangan Aplikasi Kewirausahaan, Pendirian Lembaga Keuangan Syariah (LKS) dan Penjaminan, Sosialisasi Keuangan Syariah dan Pasar Modal, Peningkatan Rekening Pelajar dan Peningkatan Investor Muda. Sebagian besar program kerja TPAKD Aceh telah direalisasikan dan dalam 4 (empat) bulan terakhir telah dilakukan kegiatan antara lain:

1. Kegiatan Hari Indonesia Menabung dengan sosialisasi “Pentingnya Menabung” kepada 750 pelajar disertai dengan pembukaan 500 rekening SIMPEL oleh PT Bank Aceh Syariah dan PT Bank Syariah Indonesia di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah tanggal 19 Agustus 2023.

2. Kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Pasar Modal Terpadu (SEPMT) tanggal 20-22 September 2023 dengan 7 (tujuh) rangkaian kegiatan jumlah peserta mencapai 2.350 orang yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, perempuan, pemuda, dan pelaku UMKM.

3. Pembukaan rekening SIMPEL periode PT Bank Aceh Syariah sampai dengan Oktober 2023 mencapai 87.190 rekening sehingga masuk pada KEJAR Award 2023 dengan Kategori Nominasi Pemenang Pencapaian Terbaik Dalam Pelaksanaan Bank Go To School (BGTS).

4. Pelaksanaan Training of Trainer untuk membangun Jejaring Duta Literasi Keuangan (Financial Influencer) pada 11 Oktober 2023 kepada 34 orang yang terdiri dari Mahasiswa USK, Perwakilan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) dan Fasilitator Disabilitas di Kantor OJK Provinsi Aceh.

5. Rangkaian kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) tahun 2023 berupa:

a. Sosialisasi pentingnya menabung sejak dini kepada 300 pelajar, guru pendamping dan masyarakat umum dalam rangkaian kegiatan KBBS Like Fest 2023 disertai dengan pembukaan 250 rekening SIMPEL oleh KB Bukopin Syariah di Taman Bustanul Salatain, Kota Banda Aceh tanggal14 Oktober 2023.

b. Sosialisasi pentingnya menabung bagi santri kepada lebih dari 2.500 orang santri di Dayah Ma’hadal ‘Ulum Diniyah Islamiah (MUDI), Samalanga, Kabupaten Bireun tanggal 22 Oktober 2023 disertai dengan pembukaan 1.000 rekening SIMPEL oleh PT Bank Aceh Syariah dan PT Bank Syariah Indonesia.

c. Sosialisasi terkait Aktivasi Produk dan Layanan Keuangan dalam Implementasi Ekosistem Keuangan Inklusif (EKI) kepada 200 orang yang terdiri dari pelajar, guru dan masyarakat Gampong Cinta Raja disertai dengan pembukaan 105 rekening SIMPEL dan 1 agen Laku Pandai oleh PT Bank Aceh Syariah serta penyaluran 2 akad KUR oleh PT Bank Syariah Indonesia di Gampong Cinta Raja, Kota Langsa pada tanggal 25 Oktober 2023.                                              
6. Sosialisasi dan Business Matching kepada IKNB Syariah berkolaborasi dengan Adira Syariah, FIF Syariah dan Pegadaian Syariah kepada 150 Peserta yang terdiri dari Perwakilan Mahasiswa, Perwakilan IWAPI dan Pelaku UMKM dalam acara Pekan Kebudayaan Aceh ke-8 di Blangpadang, Kota Banda Aceh  pada 11 – 12 November 2023.

Seluruh pencapaian program kerja TPAKD Aceh tahun 2023 akan terus dilanjutkan pengembangannya pada program kerja TPAKD 2024 dengan replikasi program TPAKD daerah lain yang dapat disesuaikan dengan keunggulan dan kearifan lokal di daerah masing-masing. Sehingga TPAKD menjadi game changer bagi daerah-daerah untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dan menurunkan tingkat kemiskinan. Untuk itu, OJK Aceh senantiasa proaktif dan berkomitmen kuat untuk meningkatkan literasi dan perekonomian masyarakat melalui sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah daerah serta berbagai stakeholder di Aceh.


Share:
Komentar

Berita Terkini