TMMD dan Distanpan Abdya Suluh Petani Cara Sortir Bibit Padi Unggul

Laporan: Heri author photo


ACEHPRESS, Abdya- Memasuki musim tanam padi rendengan 2024, Puluhan petani di Desa Alue Manggota Kecamatan Blangpidie Aceh Barat Daya (Abdya) menerima pengetahuan tentang tata cara pemilihan bibit padi yang baik dan unggul, di aula kantor desa setempat, Senin (4/3/2024). 

Pengetahuan tersebut diberikan melalui forum penyuluhan pertanian, digelar oleh Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Kodim 0110/Abdya sebagai salah satu rangkaian pembangunan non fisik. 

Kegiatan penyuluhan pertanian melibatkan pemateri dari Dinas Pertanian dan Pangan Abdya serta sejumlah PPL/Penyuluh setempat. 

Dansatgas TMMD Kodim Abdya Letkol Inf Beni Maradona, S.Sos. melalui Pasiter Kapten Inf Azwani mengatakan, Abdya merupakan salah satu daerah produsen gabah di Aceh. Keberhasilan Bumo Padi Sigupai dalam menoreh prestasi surplus gabah terwujud karena spirit militan para petani sangat tinggi. 

"Saya putra asli Lhoksemawe. Baru di Abdya ini saya lihat petani berjiwa militan. Ada alami kegagalan karena faktor alam ataupun dinamika lain, tidak ada kata mundur. Malah terus maju," paparnya. 

Azwani menuturkan kegagalan pertanian tersebut salah satunya adalah kurangnya pemahaman tentang cara pemilihan bibit padi yang unggul. Padahal metoda itu adalah hal yang krusial dan kunci utama setelah faktor X lainnya. 

Ia berharap materi penyuluhan  pertanian yang digagas pihaknya itu bisa berdampak pada peningkatan produksi padi di Abdya. 

Salah satu warga, Tgk. Laisa (63) menilai materi penyuluhan pertanian yang diangkat kali ini sangat menarik dan bermanfaat bagi petani. Ia mengaku penyortiran bibit di fase awal itu jarang dan bahkan tidak pernah dilakukan. 

"Hampir tidak pernah. Setiap kali kita terima bantuan bibit ataupun beli, tidak pernah kita sortir. Padahal ini sangat penting, menentukan terhadap kualitas padi," ucapnya. 

Pantauan, penyuluhan pertanian TMMD Kodim Abdya yang dimulai pada pukul 10.00 hingga 12.00 WIB, diantusias mayarakat setempat. Materi pemilihan bibit padi unggul berhasil menarik animo para petani. Media penyortiran bibit padi itu menggunakan bahan yang sederhana yaitu, garam, telur dan air. 

Share:
Komentar

Berita Terkini