Tingkatkan Produksi Pangan, Desa Ujong Tanoh Salurkan Bantuan Pupuk

Laporan: Heri author photo
Desa Ujong Tanoh Kecamatan Setia Salurkan Bantuan Pupuk Pertanian (foto : Nazli/Orbit) 


ACEHPRESS, Abdya- Ratusan masyarakat Desa Ujong Tanoh Kecamatan Setia Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) antusias kembali mendapatkan nutrisi pertanian dari desa setempat. 

Nutrisi pertanian yang dibagikan tesebut yaitu pupuk NPK Phonska Plus 25 kg, dengan formula 15-15-15.

Disaksikan aparat teritorial setempat, perangkat Desa Ujong Tanoh Setia membagikan bantuan pupuk per rumah, dengan total 250 unit rumah menerima satu sak pupuk. Selain itu, petani juga menerima dua jenis obat pertumbuhan padi, Bestok dan Besrtprint.

Dalam penyaluran bantuan tersebut turut hadir berbagai pejabat dan tokoh masyarakat, meliputi Camat Setia, Imum Mukim, Danposmil 08, PLD, Sekdes, Operator, Tuha Peut, Tuha Lapan, para Kadus, Ketua Pemuda, dan lainnya. 

Keuchik Gampong Ujong Tanoh, Muhammad Nur, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program ketahanan pangan pemerintah yang dibiayai dari Dana Desa (DD) tahun 2024.

Menurut M. Nur, pembagian pupuk tidak didasarkan pada jumlah Kepala Keluarga (KK) tetapi pada jumlah rumah yang ada. 

“Hanya rumah yang memiliki KK Gampong Ujong Tanoh yang menerima pupuk, dan ini diharapkan dapat membantu para petani di gampong kami,” ujar M. Nur yang didampingi oleh Sekdes Zuliadi SE.

Muhammad Nur juga menyampaikan harapannya agar dengan adanya pupuk dan obat hama gratis ini, hasil produksi gabah petani akan meningkat.

Salah satu petani, Sarung 45, yang tinggal di lorong Makmur Gampong Ujong Tanoh, mengucapkan terima kasih kepada Keuchik dan aparatur gampong yang telah memahami kondisi petani. 

“Biaya pupuk sering menjadi kendala bagi kami, terutama karena harganya yang mahal dan sulit didapatkan. Dengan adanya program ketahanan pangan ini, kami sebagai petani merasa sangat terbantu,” tutur Sarung 45.

Program ini diharapkan dapat berlanjut dan terus mendukung para petani di Gampong Ujong Tanoh dalam meningkatkan produksi pangan mereka.

Share:
Komentar

Berita Terkini