U-Teutot ( Kelapa Bakar ) Pindah Ke Bireuen Di Cot Buket

Laporan: Redaksi author photo
Bireun| – U Teutot (kelapa bakar) merupakan salah satu sajian menu berbuka puasa khas masyarakat Gampong Pulo Lhok atau sering juga disebut Gampong Pulo Tengkorak, Ulim, Pidie Jaya. Menu unik tersebut sudah ada sejak zaman dahulu dan bertahan sampai sekarang, untuk sementara U teutot (Kelapa bakar ) pindah ke Cot Buket Bireun,
Kelapa digunakan adalah kelapa muda yang baru dipetik dan masih utuh, kemudian di bakar dalam sebuah media pembakaran hingga sekitar 1-2 jam pembakaran,setelah dibakar dikupas dan dibelah untuk diambil air dan dikeruk kelapanya.
Lazimnyanya kelapa muda biasa, dan tanpa menambahkan gula karena rasa nya sudah terasa manis setelah terjadi proses pembakaran dimaksud, begitu juga dengan rasa kelapanya serta warna nya juga sudah berubah menjadi warna kecoklat-coklatan.

Penjual “U Teutet” tersebut adalah salah seorang tokoh masyakarat gampong Pulo Lhok, Ulim, yang juga Mantan  Keuchik Gampong Pulo Lhok ulim  Junaidi Abdul Latif, 43,  Pidie Jaya di sela -sela pembakaran kelapa terletak di pinggir jalan raya B.Aceh-Medan, didesa Cot Buket Bireuen.
“Makananan ini merupakan makanan khas masyarakat kami Gampong Pulo Lhok, atau Pulo Tengkorak, Ulim, Pidie Jaya,  khasiat dari makanan kesehatan ini.”, 

Sementara berdasarkan keterangan khasiat disampaikan nya meliputi dapat menyembuhkan penyakit ginjal, Liver, Prostat, Sakit pinggang, Encok Pegel linu, Rematik, Darah Tinggi, Darah Manis, Asma/Sesak nafas, Asam urat, Maag & proses kehamilan (Mempercepat keturunan).

U Teutot tersebut dijual mulai pagi sampai sore dengan harga jual sebesar Rp 15. ribu per buah. Sementara selain menjual U Teutot, Junaidi  juga menjual kelapa muda biasa namun jumlah nya terbatas, karena fokusnya adalah ke U Teutot yang menjadi incaran masyarakat sebagai makanan atau minuman kesehatan yang diketahui berkhasiat untuk menyembuhkan beragam penyakit. (Muntadir)
Share:
Komentar

Berita Terkini