Sambut Hari Juang TNI AD, Kodim Abdya Gelar Donor Darah

Laporan: Heri Purwanto author photo


ACEHPRESS, Abdya- Kodim 0110/Abdya menggelar bhakti sosial donor darah sebagai rangkaian dalam menyambut peringatan Hari Juang TNI AD ke-77 yang jatuh pada Kamis 15 Desember 2022.


Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi mengatakan dalam rangka menyambut Hari Juang TNI AD pihaknya menggelar berbagai rangkaian kegiatan di antaranya ziarah makam pahlawan, doa bersama, donor darah dan santunan anak yatim piatu.


"Aksi donor darah ini sengaja kita masukan dalam rangkaian kegiatan, sebagai wujud TNI AD hadir untuk membantu kesulitan rakyat," kata Dandim di Makodim setempat, Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie, Rabu (14/12/2022). 


Dandim mengakui, tidak terkecuali di Abdya, kelangkaan stok darah di PMI kerap terjadi. Hal itu disebabkan permintaan darah semakin tinggi, sementara penambahan dari pendonor terus berkurang. 


Dandim mengungkap, sudah setahun dirinya bergabung di Kodim Abdya. Dalam setiap pekan ia rutin menerima surat dari warga berisikan permohonan bantuan darah. 


"Pastinya kita prihatin atas kondisi ini. Maka dari itu saya sering gugah hati anggota untuk saling tolong menolong dan bersedekah. Minimal dengan donor darah seperti ini," bebernya. 


Letkol Roqich mengimbuhkan, selain berguna untuk sesama, donor darah juga bermanfaat untuk kesehatan pribadi di antaranya dapat mengurangi resiko penyakit jantung, menurunkan berat badan dan meningkatkan produksi darah. 


"Donor darah juga bisa membuat pikiran lebih tenang dan stabil. Dan yang paling penting bisa bermanfaat untuk ladang ibadah," tegasnya. 


Pantauan, aksi sosial yang digandeng PMI setempat itu turut diikuti anggota gabungan dari Kepolisian, Kejaksaan, Dishub, Satpol PP, Polhut, Persit, Mahasiswa, masyarakat dan elemen swasta daerah setempat. Dari aksi tersebut 100an kantong darah varian golongan berhasil dikumpulkan. 


Share:
Komentar

Berita Terkini