8 Rumah Semi Permanen di Abdya Hangus Terbakar

Laporan: Heri author photo
Warga berjibaku padamkan 8 unit Ruko di Geulumpang Payong Kecamatan Blangpidie


ACEHPRESS, Abdya-  Kebakaran hebat terjadi di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), tepatnya di Desa Geulumpang Payong Kecamatan Blangpidie. Delapan unit rumah toko (Ruko) dan tempat tinggal semi permanen hangus terbakar pada Selasa (18/7/2023) petang. 

Deretan kios usaha dan rumah tinggal yang terbakar ini masing-masing milik Ismail (40) penjual gas elpiji, Bustami (57) penjahit,  Yuli (37) usaha konter HP, Rizka Nazarullah (43) kantor Konsultan, Agus (37) toko ATK fotocopy, M. Isvan (45) konsultan, M. Taisir (42) dan Yusuf (67). 

Tidak ada korban jiwa dalam persitiwa naas ini, namun kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta. 

Warga setempat menyebut amukan api yang terjadi sekira pukul 17.20 WIB ini berasal dari salah satu Ruko penjualan gas elpiji milik Ismail (40). Kobaran api merambat sangat cepat karena deretan Ruko 2 lantai itu seluruhnya berkontruksi kayu. 

"Belum tahu apa sebabnya. Yang jelas saat saya lewat situasinya sudah heboh, kios gas si Mail yang berada paling ujung terbakar dan merembet," ujar salah satu warga, Safrudin di lokasi.

Saat kebakaran itu terjadi, kobaran api dan asap tebal hitam membumbung tinggi di langit. Warga berhamburan membantu pemadaman dan menyelamatkan harta benda yang ada di dalam 5 toko usaha dan 3 rumah tinggal itu. 

Kobaran api berhasil dipadamkan selama 2,5 jam lebih setelah 7 unit mobil Damkar milik BPBK setempat dikerahkan ke lokasi dengan dibantu puluhan TNI Polri. 

Persitiwa kebakaran ini sempat melumpuhkan akses lalu lintas karena lokasinya berada langsung di pinggir lintas jalan nasional Barsela Aceh-Medan. 

Terkini, Kepolisian setempat tengah mendalami penyebab kebakaran hebat tersebut  **

Share:
Komentar

Berita Terkini