Formula 1 2020 Resmi Dimulai 5 Juli di Austria

Laporan: Redaksi author photo
Jakarta|-  Balap Formula 1 2020, yang sempat tertunda karena pandemi virus corona, bakal dimulai pada 5 Juli di Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Seperti dilansir CNN Indonesia, Selasa (2/6/2020).F1 sudah memastikan delapan seri yang terjadwal sejak 5 Juli hingga 6 September yang melibatkan enam tuan rumah.

Setelah balapan GP Austria pada 5 Juli, sepekan berselang Sirkuit Red Bull Ring bakal kembali menggelar balap mobil formula kelas utama tersebut.


Balapan akan berlanjut ke Hungaria, dan dua balapan beruntun di Sirkuit Silverstone. Pada bulan Agustus para pembalap akan berlaga di Spanyol dan Belgia. Sementara pada awal Oktober balapan berlangsung di Italia.


"Dalam beberapa minggu terakhir kami telah bekerja tak kenal lelah dengan partner kami, FIA dan tim untuk membuat revisi pembukaan jadwal 2020 agar dapat mengawali balapan dengan seaman mungkin," kata Pemimpin sekaligus Direktur Eksekutif Formula 1 Chase Carey.

"Kami senang bisa merencanakan delapan balapan awal pada hari ini dan berharap dapat menampilkan jadwal penuh kami pada pekan mendatang," sambungnya dikutip dari situs resmi F1.

Selain menggelar balapan F1, delapan seri yang terjadwal juga akan melangsungkan balapan F2 dan F3.


Untuk menjamin keamanan dan keselamatan orang-orang yang terlibat dalam balapan maka F1 memberlakukan beberapa peraturan wajib.

Para pebalap dan seluruh orang yang ikut dalam balapan akan melakukan tes secara reguler. Balapan juga akan dilaksanakan tanpa penonton. Tamu dan partner juga dilarang hadir, hanya beberapa personel yang bisa mendapat akses ke sirkuit.

Pengurangan jumlah personel juga diberlakukan, tidak hanya oleh tim tetapi juga FIA, F1, dan pemasok.


Perjalanan tim dari satu negara ke negara lain akan diisolasi. Perjalanan akan menggunakan pesawat carter dan transportasi dari sirkuit, hotel, dan bandara akan dibatasi secara ketat.

Jarak sosial menjadi keharusan dalam sebuah seri balapan. Akan ada perubahan dalam momen sebelum balapan dan seremoni setelah balapan untuk menjaga social distancing.

Jadwal Delapan Balapan Awal F1 2020

1. GP Austria (Sirkuit Red Bull Ring, Austria) 5 Juli
2. GP Austria (Sirkuit Red Bull Ring, Austria) 12 Juli
3. GP Hungaria (Sirkuit Hungaroring, Hungaria) 19 Juli
4. GP Inggris (Sirkuit Silverstone, Inggris) 2 Agustus
5. GP Perayaan 70 Tahun (Sirkuit Silverstone, Inggris) 9 Agustus
6. GP Spanyol (Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol) 16 Agustus
7. GP Belgia (Sirkuit Spa Francorchamps, Belgia) 30 Agustus
8. GP Italia (Sirkuit Monza, Italia) 6 September. (nva/jun)


Share:
Komentar

Berita Terkini