Kodim 0102/Pidie Gelar Komsos Kreatif Festival Seni Bela Diri Pencak Silat

Laporan: Redaksi author photo


Acehpress.com, Pidie| - Di masa pandemi Covid-19 yang masih mewabah, Kodim 0102/Pidie terus berjuang untuk membangkitkan kreativitas warga masyarakat di wilayah teritorialnya. Salah satu upaya itu diwujudkan melalui pelaksanaan Festival Seni Bela Diri Pencak Silat Dalam rangka kegiatan komsos kreatif bertempat di Aula Salamuddin jalan Prof A Majid Ibrahim (Medan - Banda Aceh) Desa Lampeude Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie, Rabu (25/06/2020).

Kegiatan Festival pencak silat seni dengan tujuan untuk “membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) Kreatif, Inovatif dan 0P”, yang mempertandingkan berkelompok putra/putri Pesilat dapat tampil dengan tangan kosong.

Ketua Pelaksana Festival Dandim 0102/Pidie Letkol Arm Inf Wagino, SE dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini salah satu cara memupuk rasa cinta Tanah Air dan budaya untuk memberikan wawasan kebangsaan sejak dini kepada generasi muda, dengan menampilkan Seni Pencak Silat yang perguruannya terdapat di wilayah Pidie maupun Pidie Jaya.

Festival Seni Pencak Silat merupakan kegiatan yang diikuti oleh beberapa kelompok sanggar pencak silat, Masing‐masing peserta yang menampilkan aspek Seni Beladiri Pencak Silat secara utuh dalam bentuk tampilan, gerakan/jurus perguruan.

Dalam kegiatan Festival Seni Pencak Silat kali ini diikuti lebih dari 40 peserta dari berbagai perguruan pencak silat yang ada di wilayah Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya yang dibagi dalam empat katagori, yaitu katagori perorangan remaja, beregu remaja, perorangan dewasa dan beregu dewasa," tutur Dandim.

Lebih lanjut, Dandim mengatakan, tujuan dari pagelaran festival seni bela diri Pencak silat, merupakan salah satu bentuk peningkatan motivasi membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) kreatif, inovatif dan adaftif terhadap para peserta lomba pencak silat.

“Bukan mencari juara, tapi untuk meningkatkan motivasi terhadap para peserta pencak silat. Dengan harapan agar generasi muda bisa dibina mentalnya agar kreatif dalam mengembangkan Sumber daya manusia yang lebih unggul.

Sebagai Aparat Komando kewilayahan atau Apkowil berperan serta mendorong semangat dalam melestarikan budaya beladiri silat dengan sasaran yaitu terbentuknya jalinan kerjasama yang baik antara TNI AD khusunya prajurit Kodim 0102/Pidie dikalangan perkumpulan beladiri silat yang ada di wilayah," tutup Dandim.(*)
Share:
Komentar

Berita Terkini