Gara-Gara IGI Aceh Buat Pelatihan, Ratusan Guru Aceh Mendadak Jadi Animator dan Youtuber

Laporan: Admin author photo


 

BANDA ACEH | Rangkaian kegiatan workshop yang digelar Ikatan Guru Indonesia (IGI) Wilayah Aceh dengan Tema “Mudah Membuat Video Animasi Pembelajaran” telah selesai dilaksanakan pada Minggu (25/10/2020). Kegiatan yang dimulai tanggal 20 Oktober 2020 dibuka langsung oleh ketua umum IGI Pusat Muhammad Ramli Rahim secara virtual.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh ketua IGI Wilayah Aceh Drs. Imran pada Minggu (25/10/2020).

“Ratusan Video Animasi Pembelajaran, yang sudah diciptakan oleh peserta sudah dikirimkan ke panitia, setelah sebelumnya mereka mengupload ke youtube, dan bagi mereka yang berhasil menciptakan karyanya, IGI akan memberikan sertifikat kelulusan 32 JP”, terang Imran.

Beberapa peserta yang berhasil diwawancarai oleh media ini menyebutkan, mereka termotivasi mengikuti workshop ini karena ingin menjadi pendidik yang profesional dalam meningkatkan minat belajar peserta didik yang sesuai zamannya yaitu pembelajaran berbasis teknologi informasi, terang Dika Tri Andini, S.Pd guru SMAN 1 Leuser Aceh Tenggara.

Menurut ia lagi, workshop ini sangat bermanfaat baginya sebagai seorang guru, agar tidak ketinggalan zaman dalam meningkatkan kompetensi.

“Pelatihan membuat video animasi pembelajaran sangat menarik bagi saya, ketika diterapkan dalam proses pembelajaran membuat peserta didik sangat antusias dan tidak bosan-bosannya mengikuti pembelajaran. Saya membagikan pengalaman cara membuat video animasi pembelajaran pada rekan sejawat dan juga kepada peserta didik, dan video tersebut sudah saya upload ke youtube”, terang Dika.

Sementara itu, Nurhamidah, S.Pd guru SMAN 1 Meurah Mulia menyebutkan bahwa, selama ini dia tidak paham sama sekali bagaimana cara membuat video animasi pembelajaran.

“Selama ini saya tidak tahu media apa yang digunakan untuk membuat video animasi, agar proses mengajar lebih menarik, alhamdulillah IGI sudah memberikan pelatihan yang sangat dibutuhkan oleh guru, dan yang menariknya saya baru kali ini video saya muncul di Youtube”, ungkapnya penuh bahagia.

Lain halnya dengan Darnita, S.Pd guru SMAN Unggul Aceh Timur, dia sampai terharu setelah berhasil menciptakan karya video animasi untuk pembelajaran yang dilatih oleh IGI.

“Ketika kita berhasil membuat sendiri video pembelajaran, akan ada kepuasan tersendiri. Kadang pun sampe terharu dengan hasil pembuatan media pembelajaran ini apalagi berhasil uploas ke Youtube”, jelas Darnita.

Terkait pelatihan yang sering dilaksanakan oleh IGI, para guru berharap IGI Aceh terus membantu para guru dalam meningkatkan kompetensi mereka, sehingga kedepannya semakin banyak para pendidik yang memiliki kemampuan mengelola pembelajaran dengan baik untuk siswa.

Sebagaimana yang diberitakan oleh beberapa media, kegiatan workshop membuat video animasi pembelajaran ini dilaksanakan oleh IGI bekerja sama dengan Jaringan Sekolah Digital Indonesia, Narasi dan kitabisa.com. (Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini