Pemkab Abdya Bakal Naikan Tunkin ASN, Ini Konsep Akmal

Laporan: Heri Purwanto author photo




Abdya - Acehpress | Bupati Aceh Barat Daya Akmal Ibrahim, SH mengumumkan pada Tahun Anggaran 2021 tunjangan Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Abdya akan dinaikan.

Kabar gembira ini disampaikan Akmal dalam sambutannya pada Rapat Paripurna Penutupan Pembahasan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2021 dan Penetapan Dua Qanun 2020, di aula DPRK setempat di Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie, Selasa (27/10).

“Rencana ini sudah dinaikan. Saya bersama Sekda, Badan Keuangan, dan BKPSDM sudah menghitung-hitung kenaikan Tunkin ASN besarannya bisa 2 kali lipat bahkan sampai 5 kali lipat, " terangnya.

 Namun demikian, Akmal mengingatkan, kesejahteraan ASN tersebut akan menjadi madu dan racun. Pasalnya di tahun anggaran 2021 nanti akan terjadi pola baru menuntut kinerja ASN.

Menurut Akmal, kebijakan ini tentunya akan mengundang kontra bagi kalangan awam. Karena di tengah masa krisis ditambah lagi dengan dana otonomi yang menipis, Pemkab Abdya berani keluar dari pola lama dan memulai pola baru.

"Dana otonomi kita hampir tidak sanggup membiaya operasional pegawai. Ini cukup berat. Alhamdulillah kita punya Sekda yang brilian. Dengan berbagai polanya, krisis ini akhirnya tidak begitu berdampak. Pegawai kita tidak kehilangan uang justru malah bertambah, " bebernya. 

Akmal menyebutkan, pola yang diterobos Sekda sangat luar biasa. Pasalnya, di satu sisi anggaran pegawai dihematkan, dan di sisi lain penghasilan pegawai ditingkatkan. Berbagai macam pos kegiatan berserta dengan lampiran-lampiran gelap yang tidak begitu penting akan dikurangi.

"Kebijakan ini nantinya mungkin dianggap sebagai pemborosan. Namun sebaliknya, itu sangat menghemat anggaran. 9 sampai 10 miliyar bisa kita hematkan, " tegasnya.

Di akhir sambutannya Akmal berharap konsep yang dinaikan tersebut bisa diterima oleh Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Abdya. Karena sedeteilnya konsep tersebut bukan hanya berorientasi pada kesejahteraan ASN semata, namun utamanya demi untuk kesejahteraan rakyat.

"Kepada pimpinan dan anggota Dewan yang saya hormati, silahkan cek dan pelajari. Dalam konsep itu kita bisa memberikan lebih kepada rakyat. 9 bahkan sampai 10 miliyar untuk rakyat, " tandas Akmal. 

Share:
Komentar

Berita Terkini