Sawah di Abdya Terus Produktif, 90 Persen Rampung Dibajak

Laporan: Heri Purwanto author photo


ACEHPRESS - Abdya | Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Distanpan) Abdya drh. Nasrudin menyebutkan di tengah pandemi Covid-19 geliat pertanian khususnya sektor tanaman padi di wilayah Abdya semakin meningkat.

Geliat ini ditunjukan oleh para petani di 9 Kecamatan dalam Kabupaten, 90 persen dari luas sawah 8200 hektar telah selesai digarap. Nasrudin mengklaim pandemi corona tidak menjadi aral bagi para petani Abdya untuk tetap produktif mengolah sawah .

“Alhamdulillah, pertanian kita semakin menggeliat. Usai panen rata-rata para petani langsung sambung bajak," ungkap Nasrudin di Blangpidie, Minggu (11/10/2020).

Nasrudin menyebutkan sebaran lahan yang telah digarap meliputi Kecamatan Lembah Sabil, Manggeng, Tangan-Tangan, Setia, Blangpidie, Susoh, Jeumpa, Kuala Batee dan Babahrot.

Untuk mendukung kelancaran tersebut Nasrudin mengatakan Distanpan Abdya telah menurunkan alsintan traktor 4WD sebanyak 40 unit dan disebar ke seluruh desa.

"Alhamdulillah kita mempunyai traktor banyak. Semuanya ada 60 unit. Jumlah ini ditambah lagi 5 unit dari provinsi dan kini dikelola oleh Usaha Pelayanan Jasa Alat mesin pertanian (UPJA). Untuk diketahui, kita juga memiliki traktor khusus pencetak bedengan sebanyak 10 unit," singkatnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini