Resmi Di Lantik, Maimun Menjabat Imum Mukim Tiba Mutiara Timur Periode 2021-2026

Laporan: Admin author photo
Resmi Di Lantik, Maimun Menjabat Imum Mukim Mutiara Timur Periode 2021-2026
Dok. Ist

AcehPress.com, PIDIE | Camat Mutiara Timur Ahcmad Mulyana S.STP., M.Si mengharapkan agar imum mukim berada di garda terdepan dalam upaya penegakan syariat Islam dan adat istiadat di wilayah mukim masing-masing.

Hal itu disampaikan Ahcmad Mulyana pada acara pelantikan Maimun sebagai Imum Mukim Tiba periode 2021-2026, di Aula Kantor Camat Mutiara Timur, Jum,at (26/2/2021). Prosesi pelantikan Maimun Langsung dipimpin oleh Camat Mutiara Timur Ahcmad Mulyana S.STP., M.Si.

Menurut Achmad Mulyana, imum mukim memiliki peran penting dalam penegakan syariat Islam dan adat istiadat. “Imum mukim harus mengawal itu dan berada di garda terdepan untuk mengayomi gampong-gampong dalam wilayahnya sehingga masyarakat tidak lupa dengan warisan budaya endatunya.”

Ia pun berharap imum mukim berperan aktif dalam mewujudkan visi Mutiara Timur Gemilang dalam Bingkai Syariah dengan tiga pilar utamanya yakni pembangunan di bidang agama, ekonomi, dan pendidikan. “Tiga pilar tersebut berkaitan erat dengan tugas imum mukim,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, Camat Mutiara Timur juga mengajak imum mukim untuk bisa mengajak masyarakat bersatu dalam semua hal khususnya di dalam Kemukiman Tiba dan umumnya Di semua Kemukiman yang ada di Kecamatan Mutiara Timur . 

“Dalam kesempatan ini Kapolsek Mutiara Timur Maksum juga ikut memberi sedikit penyambutan dalam acara pelantikan Imum Mukim, Dalam kesempatan ini Kapolsek Mutiara Timur menyampaikan tentang Aplikasi pendeteksi kebakaran hutan sesuai amanat dari pada Presiden Republik indonesia,dan Kapolsek juga menyampaikan perintah dari pada Presiden untuk memproses hukum semua pelaku pembakaran hutan.

Maimun selaku Imum Mukim Tiba mengajak seluruh masyarakat untuk menghidupkan kembali adat istiadat dan kearifan lokal yang sudah ada sejak zaman kesultanan dahulu. “Syiar Islam dan adat istiadat di setiap gampong harus kita gemakan kembali. Matee aneuk meupat jeurat, gadoh adat pat tamita; itu kata-kata sultan kita dulu,” katanya seraya mengharap seluruh dukungan masyarakat untuk membangkitkan kejayaan warisan endatu.

Di antara tamu undangan terlihat hadir KUA Mutiara Timur Armia  Ketua Pemuda Tibaraya  Irwandi, unsur Muspika Mutiara Timur, dan para keuchik se Mukim Tiba dan juga Imum Mukim Se Mutiara Timur. (Baihaki)

Share:
Komentar

Berita Terkini