Menyembut HUT RI Muspika Glumpang Baro Bersihkan Makam Ulama

Laporan: Admin author photo
Menyembut HUT RI Muspika Glumpang Baro Bersihkan Makam Ulama

Acehpress.com, PIDIE | Dalam rangka menyambut Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ( HUT - RI ) Ke 76 , Muspika Kecamatan Glumpang Baro Hari ini Sabtu Tanggal  14/08/2021 mengadakan Gotong Royong membersihkan  Makam Ulama Aceh yang juga merupakan Mantan Pejuang Bangsa yang gugur dalam pertempuran melawan Portugis .

Tgk. Hanafiah yang dikenal dengan Panggilan Tu Ulee Glee adalah seorang Ulama yang cukup dikenal dimasanya dan Syahid pada Tahun 1521 M ketika melakukan penyerangan terhadap benteng Portugis di Panteraja Pidie Jaya.

konon menurut cerita setelah Tu Ulee Glee tertembak lalu mayat beliau dibawa lari oleh Kuda yang beliau kenderai dan dibawa ke Glumpang Payong Kecamatan Glumpang Baro Kabupaten Pidie dan dikebumikan di daerah tersebut beserta dengan kudanya.

Danramil 25 Glumpang Baro Kapten Inf. Akhirman mengatakan bahwa Giat yang kita lakukan Hari ini dalam Rangka menyambut HUT RI ke 76 jadi kita membersihkan Makam Ulama yang juga Pejuang Bangsa,apalagi Makam Tu Ulee Glee juga berdampingan dengan Makam Tgk Nyak Raja yang merupakan Seorang Sniper yang berhasil membunuh Jendral Kohler ( Belanda )  di Mesjid Raya tempo dulu pada hal Usianya masih sangat relatif Muda ketika itu yaitu 19 Tahun,imbuh nya didampingi oleh Anggota Polsek.

Abdullah,salah seorang Masyarakat Glumpang Baro menyayangkan terabainya makam tersebut dari perhatian Pemerintah dan pihak terkait padahal mareka merupakan Ulama dan juga Pejuang Bangsa dalam melawan penjajah sekalipun Makam tersebut telah dimasukkan dalam Cagar budaya Kabupaten Pidie. (*)

Share:
Komentar

Berita Terkini