Polda Aceh menggelar upacara dan syukuran dalam rangka peringatan Hut Satpam ke 41 Tahun 2021.

Laporan: AYU author photo
Banda Aceh - Kegiatan itu digelar di Gedung Presisi, Mapolda Aceh, Rabu (2/2/22) dan dipimpin Kapolda Aceh Irjen Polisi Drs. Ahmad Haydar, S. H., M. M. 

Rangkaian kegiatan itu diawali dengan upacara yang berlangsung secara virtual yang dipimpin Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M. Si, dari Jakarta. 

Upacara diisi dengan Laporan Perwira, Lagu Mars Satpam, penghormatan kepada Irup, pengucapan prinsip-prinsip penuntun satpam, Amanat Kapolri dan diakhiri dengan pembacaan do'a, 

Adapun yang hadir adalah Wakapolda Aceh Brigjen Pol. Dr. Drs. Agus Kurniady Sutisna, M. M., M. H, Karo Ops, Dirbinmas, Dirsamapta, Dirpamobvit, Kapolresta Banda Aceh, wadir Binmas serta puluhan Personel Ditbinmas Polda Aceh lainnya. 

Selanjutnya yang hadir mewakili Gubernur Aceh, mewakili Walikota Banda Aceh, Kasatpol PP, perwakilan BUJP dan instansi pengguna Satpam serta puluhan Satpam lainnya. 

Tema peringatan Hut Satpam ke 41 Tahun 2022 adalah " Bersama Polri, Satpam siap menjaga Kamtibmas dan penanggulangan Covid-19".

Seusai upacara virtual digelar syukuran yang diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh anggota Satpam dengan, kemudian dilanjutkan laporan panitia BUJP.

Selanjutnya Kapolda Aceh dalam sambutannya diantaranya mengatakan, tugas Satpam ada preemtif dan preventif yang turut membantu tugas Polisi di bidang pengamanan. 

Kemudian kata Kapolda Aceh, untuk perusahaan jasa pengamanan dalam pembinaan Satpan ini juga perlu diperhatikan menyangkut sdm, perizinan (legalitas), pelatihan  Satpam yang menggelar pelatihan  seperti di Polri, sehingga dapat memproduksi Satpam yang unggul dan profesional. Selanjutnya bidang operasional di lapangan agar bisa bekerja secara profesional serta tetap menjalin komunikasi dengan anggota Polri.

" Satpam adalah perpanjangan tangan Polri, " sebut Kapolda Aceh. 

Satpam harus mengerti Disiplin, Hirarki dan jauhi narkoba, sehingga Satpam ke depan bisa diandalkan, sebut Kapolda Aceh. 

Kapolda Aceh dalam kesempatan itu, juga menyampaikan ucapan selamat Hut Satpam dan berpesan kepada anggota Satpam tetap jaga kesehatan dan jaga ibadahnya. 

Berikutnya dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Kapolda Aceh dan diberikan kepada  2 perwakilan Satpam masing-masing seorang wanita dan seorang lagi pria.

Ditutup dengan pembacaan do'a oleh anggota Satpam dan dalam momen syukuran itu juga turut digelar selayang pandang.

Sementara itu, Dirbinmas Polda Aceh Kombes Pol. Mohammad Muslim Siregar, S. I. K, yang didampingi Kasubdit Binsatpam Polsus Ditbinmas Polda Aceh Kompol H. Hamidi, S. H, mengatakan, jumlah BUJP ( Badan Usaha Jasa Pengamanan) yang ada di Aceh saat ini berjumlah 58 BUJP 

Kemudian BUJP yang menyelenggarakan Diklat ada 7 BUJP, masing-masing PT. SSA, PT. JGI, PT. OKS, PT. RUP, PT. ARM, PT. FPP dan PT. DERRE, kata Dirbinmas.

Selanjutnya, kata Dirbinmas, instansi atau lembaga yang menggunakan Satpam di Aceh sebanyak 120 instansi. 

Jumlah Satpam di Aceh tahun 2021 sebanyak 5.166 orang terdiri dari pria sebanyak 5138 orang dan wanita 28 orang, kemudian sudah mengikuti pendidikan sebanyak 2366 orang dan belum mengikuti pendidikan sebanyak 2800 orang, tutup Dirbinmas. 


Banda Aceh, 2 Februari 2022
Dikeluarkan oleh Bidhumas Polda Aceh.
Share:
Komentar

Berita Terkini