Tinjau Jengkol Unggulan, Dandim Abdya Minta Jajaran Support Potensi

Laporan: Heri Purwanto author photo


ACEHPRESS, Abdya- Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi melakukan kunjungan sosial ke wilayah Kecamatan Lembah Sabil, meninjau salah satu batang pohon jengkol unggulan milik warga setempat, Marzuki (47).

“Saya harap potensi ini harus disupport semaksimal mungkin. Dampingi dan gali lebih dalam pengembangannya,” kata Dandim kepada Plh. Danramil Lembah Sabil Serma Hesvia, di Desa Kayee Aceh, Selasa (22/2).

Dandim menyebutkan, terobosan yang sudah dilakukan Pemkab Abdya dalam menggeliatkan produksi jengkol di wilayah harus didukung. Upaya klasterisasi bibit unggulan melalui program bibit gratis wajib dikawal khusus oleh para Babinsa sehingga branding jengkol Abdya tidak di-kloning daerah lain.

Informasi dihimpun, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) didaulat sebagai daerah penghasil jengkol terbaik di tanah air. Hal ini diklaim langsung oleh Kementan RI melalui sertifikasi jengkol varietas unggul nasional pada Februari 2021 lalu.

Jumlah pohon induk jengkol unggul di daerah Abdya mencapai 100 batang, tersebar mulai dari Kecamatan Babahrot, Kuala Batee, Setia dan terakhir di Kecamatan Lembah Sabil milik Marzuki. 

Share:
Komentar

Berita Terkini