63 Mahasiswa S-1 Geografi STKIP Al-Washliyah Laksanakan KKL di Sabang

Laporan: AYU author photo



Sabang - Sebanyak 63 Mahasiswa S-1 program studi Pendidikan Geografi STKIP Al-Washliyah Banda Aceh melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Kota Sabang. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Wali Kota Sabang yang diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kota Sabang, Faisal Azwar, ST. MT, di Aula Lantai IV Kantor Wali Kota Sabang, Sabtu (5/2/2022).
.
Asisten Ekonomi, dan Pembangunan Sekda Kota Sabang, Faisal Azwar, ST. MT mengatakan Pemerintah Kota Sabang sangat mendukung dan menyambut baik program KKL ini, dengan harapan segala kegiatan yang telah direncanakan dapat berjalan lancar. 
.
"Terima kasih kepada STKIP Al-Washliyah yang setiap tahunnya mengadakan KKL di Kota Sabang, tentunya diharapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut dan Pemko Sabang juga akan terus bekerja sama dan membantu sekolah tinggi, perguruan tinggi dan akademisi dalam mengkaji ilmu pengetahuan di Kota Sabang," kata Asisten II Sekdako Sabang.
.
Lebih lanjut dikatakan, Pemerintah Kota Sabang akan mensuport dan memberikan dukungan apapun yang dibutuhkan pihak panitia, baik untuk seminar maupun kelancaran kegiatan di lapangan. Karena kegiatan-kegiatan seperti ini, sangat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan, menambah pengalaman dan membuka wawasan serta cakrawala berpikir, khususnya bagi mahasiswa dan masyarakat Sabang secara umum.
.
Pada kesempatan yang sama, Ketua STKIP Al-Washliyah Minarni SP., M. P menjelaskan KKL ini merupakan mata kuliah pada semester VI, yang wajib diselesaikan oleh mahasiswa S-1 program studi Pendidikan Geografi STKIP Al-Washliyah.
.
"Kami memang setiap tahun melaksanakan KKL, dalam rangka memenuhi mata kuliah yang diambil mahasiswa. Ini kali ke 14 Kami melaksanakan KKL di Sabang. Ada beberapa titik yang akan Kami kunjungi nantinya seperti Anoi Itam, Jaboi, Ie Meulee, Pria laot, Danau Aneuk Laot, Waduk Paya Seunara, Kilometer Nol, Pulau Rubiah dan beberapa tempat lainnya," ungkapnya.
.
Dia menuturkan, Kota Sabang merupakan objek visit yang paling lengkap. Dimana banyak aspek yang bisa menjadi penilaian, terutama pada sisi geografi. Salah satu sisi geografi yang akan dikaji pihaknya yakni kondisi vulkano yang berada di Gunung Berapi Jaboi.
.
"Di Gunung Berapi Jaboi pasti ada erupsi, sehingga banyak sekali vegetasi-vegetasi yang sudah terbakar. Selain itu Kita juga melihat geo hidrologi yang ada di Aneuk Laot dan kemudian dilanjutkan dengan berwisata di Kota Sabang," tutupnya. 
.
Kegiatan KKL yang akan dilaksanakan mulai tanggal 4 sampai 7 Maret 2022 ini diikuti oleh 63 Mahasiswa S-1 program studi Pendidikan Geografi STKIP Al-Washliyah dan didampingi 12 orang dosen pendamping.
Share:
Komentar

Berita Terkini