Sinergi TNI Polri dan Komponen di Abdya Tanam Ribuan Manggrove di Bibir Pantai

Laporan: Heri Purwanto author photo


ACEHPRESS, Abdya- Sinergi TNI Polri bersama komponen Pemerintahan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menanam 3.500 bibit tanaman mangrove di kawasan pesisir Pantai Lama Tuha Kecamatan Kuala Batee, Selasa (23/8/2022). 


Diketahui, kegiatan reboisasi tersebut digelar sinergi Polres dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan ke-77. 


Turut hadir Pj. Bupati Abdya Darmansah, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi diwakili Pasiops Lettu Inf Razali, Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nurgraha, Ketua DPRK Nurdianto, jajaran SKPK dan komponen lainnya. Tidak ketinggalan, Persatuan Isteri Prajurit (Persit) KCK dari Cabang XXXII Dim 0110 Abdya pimpinan Ny. Indria Roqich juga turut serta dalam kegiatan tersebut. 


Usai acara, Pasiops Kodim 0110/Abdya Lettu Inf Razali kepada media ini mengatakan pihaknya mendukung penuh terhadap kegiatan reboisasi. Menurutnya keberadaan tumbuhan di lingkungan sangat penting bagi kelangsungan hidup umat manusia ke depan. 


Penghijauan di bibir pantai sangat diperlukan, dapat mencegah terjadinya abrasi laut dan menghindari terjadinya perembesan air laut ke dalam lapisan tanah, yang bisa mengakibatkan terjadinya percampuran air laut dengan air tanah.


"Kita semua mendukung dengan kegiatan penghijauan ini. Sebelumnya kegiatan serupa juga pernah kita lakukan di sini. Kawasan ini perlu banyak pohon manggrove agar abrasi tidak semakin melebar," kata Pasiops. 


Pantauan, dalam kesempatan itu Pj. Bupati Abdya Darmansah juga mengajak komponen bersama untuk sama-sama menjaga kelestarian dan keindahan laut. Menurutnya wilayah yang dikenal dengan sebutan Bumi Padi Sigupai ini banyak memiliki laut indah. Potensi ini bila dirawat dan dikelola dengan baik akan menjadi sumber devisa dan dapat mensejahterakan rakyat. 


Share:
Komentar

Berita Terkini