Jadi Penyuplai Beras di Aceh, Abdya Libatkan TNI Motori Petani

Laporan: Heri Purwanto author photo
Anggota Babinsa di Abdya rutin turun ke sawah cek perkembangan padi 


ACEHPRESS, Abdya- Personel TNI dari satuan Kodim 0110/Abdya meninjau perkembangan tanaman padi milik petani di kawasan Lhang Kecamatan Setia, Jumat (14/10/2022). 


Kegiatan tersebut rutin dilakukan Babinsa dalam rangka upaya mendukung program pemerintah swasembada pangan tahun 2022.


Terpisah, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi melalui Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Inf Azwani mengungkapkan sejak awal pihaknya komit mendukung upaya penguatan pangan pokok khususnya beras dimulai dari tingkat desa. 


Ketersediaan beras saat ini menjadi pondasi utama dalam ketahanan pangan dan lini ekonomi, baik di tingkat nasional maupun daerah. Oleh karenanya, secara kontinyu jajaran Babinsa Kodim Abdya yang tersebar di 152 desa dalam 9 kecamatan gencar mendampingi kegiatan pertanian dimulai sejak pengolahan lahan hingga pasca panen. 


"Tidak hanya padi, kita juga fokus mendorong komoditi pertanian lainnya seperti jagung, kedelai dan sayuran.  Kebetulan salah satu Progja kita yaitu bidang Tahwil, konstan mendorong Ketahanan Pangan yang ada di wilayah," singkatnya. 


Informasi dihimpun, Aceh Barat Daya (Abdya) tercatat sebagai salah satu wilayah penyuplai beras tetap di Aceh. Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) setempat merilis capaian produksi padi pada tahun 2021 lalu mencapai 120 ribu ton. 


Pencapaian tersebut terealisasi berkat adanya sinergi dan dukungan dari rakyat setempat serta aparat TNI yang dipercaya sebagai motor penggerak para petani. 


Share:
Komentar

Berita Terkini