Ini Cerita Warga di Setia Terkesima Babinsa Kuasai Ilmu Pertanian

Laporan: Heri Purwanto author photo


ACEHPRESS, Abdya- Heri (37) salah satu petani asal Desa Cinta Makmur Kecamatan Setia, Aceh Barat Daya (Abdya) terkesima pada sosok Babinsa Koptu Darwanto karena menguasai penuh ilmu pertanian. 


Heri tidak menyangka aparat Babinsa dari Pos Ramil 08/Setia Kodim 0110/Abdya itu faham tentang urutan teknik cara bertanam cabai. 


"Luar biasa. Awalnya saya mengira dalam pendampingan pertanian ini, Babinsa hanya bisa berdiri mendampingi dan ngomong saja. Rupanya menguasai betul ilmu pertanian," ungkap Heri kepada pewarta di lokasi, Rabu (21/12/2022). 


Heri menuturkan berkat arahan dari Babinsa dirinya kini mengerti bagaimana cara pengelolaan budidaya cabai yang baik dan benar agar tumbuh subur serta berlimpah. 


Babinsa memberi kiat untuk mendapatkan hasil cabai yang maksimal itu dimulai dengan pemilihan bibit unggul, pengelolaan media tanah dan perawatan (pemupukan). 


"Pak Babinsa juga memberi tahu bila musim hujan, minimal 2 hari sekali tanaman cabai ini harus disemprot. Katanya sich penting untuk mencegah kriting daun," jelas Heri. 


Usai disemprot, Heri melanjutkan, tanaman cabai kemudian diberi pengecoran pupuk dengan intensitas waktu minimal 4 hari sekali. Upaya tersebut harus rutin dilakukan agar hasil panen cabai bisa maksimal. 


"Saya ucapkan terimakasih untuk pak Babinsa telah mau berbagi ilmu pertanian kepada saya. Sekali lagi, Superr untuk Babinsa," demikian kata petani. 

Share:
Komentar

Berita Terkini