Personil Polsek Hulu Tamiang Monitoring Vaksinasi Sub PIN Polio di Dua Kecamatan

Laporan: AYU RAHAYU author photo


ACEH TAMUANG - Kapolsek Tamiang Hulu Polres Aceh Tamiang jajaran Polda Aceh, Ipda Rudiono, S. Sos kerahkan personil monitoring vaksinasi sub pekan imunisasi nasional (PIN) Polio di dua kecamatan wilayah hukum (Wilkum) nya, Selasa (13/12).

Personil Polsek dikerahkan dalam monitoring dan pengamanan vaksin sub PIN Polio dikendalikan Wakapolsek Tamiang Hulu, Ipda Zulham mewakili Kapolsek.

Pemberian vaksinasi sub PIN Polio sasarannya anak usia 0-12 tahun dalam 2 (dua) kecamatan di wilkum Polsek Tamiang Hulu difasilitasi para tenaga kesehatan (Nakes) UPTD Puskesmas dalam 2 kecamatan tersebut.

Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Imam Asfali, SIK, melalui Kapolsek Tamiang Hulu, Ipda Rudiono, S. Sos mengatakan, pengerahan personil Polsek Tamiang Hulu dalam rangka pemantauan dan pengamanan vaksinasi dub PIN Polio dilakukan atas dasar salah satu tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Polri.

Semua itu gunanya mencegah dan mengantisipasi gangguan ketertiban masyarakat (Guantibmas) demi terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) dalam wilkum Polsek Tamiang Hulu.

"Intinya, semua ini sifatnya keramaian masyarakat dalam mendapatkan pelayanan vaksinasi sub PIN Polio merupakan program nasional," ujar Ipda Rudiono, S. Sos


Menurutnya, sasaran dilaksanakan oleh Nakes di TK, MIN dan SD di Wilkum Polsek Tamiang Hulu meliputi 2 kecamatan yakni kecamatan Tamiang Hulu dan kecamatan Bandar Pusaka.

"Dasar hukum dari kegiatan Sub PIN Polio tersebut, 
Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 1991 tentang;
Penanggulangan Wabah Penyakit Menular; Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 42 Tahun 2013 tentang
Penyelenggaraan Imunisasi," jelas Kapolsek Tamiang Hulu.

Selanjutnya, sambungnya, juga merujuk Surat Edaran Menkes No. HK.03.03/Menkes/545/Menkes/ 545/2014 tentang Penguatan Sinergisitas Penyelenggaraan Imunisasi di Pusat dan Daerah.

"Jenis Vaksin yang diberikan adalah jenis vaksin novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2) dengan cara pemberian di tetes ke dalam mulut penerima dengan jumlah sasaran 3.252 anak dalam 2 Kecamatan tersebut.

Kata Ipda Rudiono, tujuan dari kegiatan tersebut guna memastikan kegiatan Sun PIN Polio berjalan lancar dan merata sehingga anak-anak dalam kecamatan Tamiang Hulu dan kecamatan Bandar Pusaka memiliki, tingkat imunitas terhadap polio di populasi.

Disamping untuk (herd immunity) cukup tinggi dengan cakupan > 95%, memberikan perlindungan secara optimal dan merata, serta mencegah Munculnya kasus polio yang disebabkan oleh virus polio.

"Sesuai catatan laporan kita terima, untuk 2 kecamatan dalam wilkum Polsek Tamiang Hulu yang sudah mendapatkan vaksin sub PIN Polio lebih dari 70 persen," tutup Ipda Rudiono.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Tamiang Hulu di Wakili oleh Wakapolsek Ipda Zulham, Danpos Pol Bandar Pusaka Aipda Nurasman, Para Bhabinkamtibmas dan Babinsa di setiap kampung di kecamatan Tamiang Hulu dan kecamatan Bandar Pusaka, 
Kapuskesmas Tamiang Hulu Purnomo, S.Kep.

Berikut, Tim Nakes UPTD Puskesmas Tamiang Hulu dan UPTD Puskesmas Bandar Pusaka, anak-anak Penerima Vaksin di kecamatan Tamiang Hulu dan kecamatan Bandar Pusaka.
Share:
Komentar

Berita Terkini